Pengertian URL Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                URL adalah singkatan dari Uniform Resource locators yang bermakna rangkaian karakter yang berfungsi untuk menunjukkan alamat sumber misalnya alamat dokumen atau gambar di internet. URL berfungsi juga untuk enunjukkan sebuah halaman web. Sumber lain yang merujuk pada pengertian URL menurut para ahli menyatakan bahwa rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu yang digunakan untuk menunjukkan alamat di internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners Lee pada tahun 1991. Ditujukan agar penulis-penulis dokumen dapat mereferensi pranala ke World Wide Web (WWW). Sejak 1994 konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniforms Resource Identifier (URI) yang sifatnya lebih umum.

                Ada tiga informasi yang perlu dimasukkan untuk menuju ke alamat tertentu di internet, yakni protokol, alamat server, dan path file. Untuk URL menunjukkan protokol misalnya http:// atau https://. Protokol merupakan persetujuan bersama yang untuk berkomunikasi dengan Hypertext Transfer Protocol. Bagian kedua URL menunjukkan alamat server dimana sumber daya tersebut terletak, misalnya www.fatih-io.biz. Selanjutnya untuk path file menunjukkan lokasi dan nama dokumen atau program dalam server misalnya: kb/deskapp/word/q1974.html. Di mana kb/deskapp/word/ adalah lokasi file dan q1974.html adalah nama berkas.

10

                 Selain mengetahui pengertian URL menurut para ahli, URL memiliki fungsi yang sangat penting di internet. Fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

  • Sebagai pengidentifikasi sebuah dokumen di web.
  • Untuk memudahkan kita dalam mengakses suatu dokumen melalui website.
  • Untuk memberikan penamaan terhadap suatu file / dokumen pada website.
  • Memudahkan kita untuk mengingat suatu alamat website.

                URL erat kaitannya dengan World Wide Web atau WWW. Www atau World Wide Web maupun Web saja adalah sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen berformat hypertext yang berisi beragam informasi, baik tulisan, gambar, suara, video, dan informasi multimedia lainnya dan dapat diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser. Untuk menterjemahkan dokumen hypertext kedalam bentuk dokumen yang dapat dipahami oleh Manusia, maka web browser melalui web client akan membaca halaman web yang tersimpan di sebuah webserver melalui protokol yang sering disebut HTTP atau Hypertext Transfer Protocol.

                Selebihnya dengan semakin banyaknya situs internet yang dapat diakses melalui browser dengan format http dan di ikuti dengan www , dan alamat url web yang hendak diakses, maka muncullah sebuah situs pencari atau search engine, seperti halnya google.com dan yahoo.com sebagai sarana memudahkan pengguna internet untuk mencari berbagai dokumen yang tersedia melalui jutaan web di sebuah jaringan internet global. Demikian penjelasan sederhana dan singkat mengenai pengertian URL menurut para ahli beserta komponen-komponen yang menyertainya. Pengetahuan mengenai internet amatlah banyak dan tak terbatas, bahasan mengenai URL ini hanyalah satu dari sekian banyak materi tersebut.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian url  , pengertian riba , pengertian laporan keuangan , pengertian gender , pengertian kinerja , pengertian bola basket , pengertian hukum perdata , pengertian difusi , pengertian metabolisme , pengertian statistika , pengertian sistem pemerintahan

Related Posts