Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Kinerja seseorang dalam sebuah pekerjaan berkaitan erat dengan loyalitas dan kesungguhan dalam bekerja. Jika seseorang memiliki sikap loyal kepada sebuah pekerjaan, tentunya kinerja yang dihasilkan akan baik dan menghasilkan penilaian yang baik pula. Bagaimana pengertian kinerja menurut para ahli? Sebelum membahas hal tersebut, kita bisa memulainya dengan pengertian kinerja secara umum. Kinerja bisa diartikan sebagai hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dapat dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Selain hal tersebut, kinerja juga bisa dimaknai suatu hasil kerja yang dihasilkan oleh seorang karyawan diartikan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

                Mengupas sedikit mengenai pengertian secara umum sebelum membahas mengenai pengertian kinerja menurut para ahli. Berkenaan dengan aspek kualitas dan kuantitas yang muncul pada pengertian secara umum di atas, Mangkunegara menentukan aspek-aspek standar pekerjaan dari segi kualitatif dan kuantitatif. Untuk segi kualitatif, ada empat aspek standar pekerjaan. Pertama, ketepatan kerja dan kualitas pekerjaan. Kedua, tingkat kemampuan dalam bekerja. Ketiga, kemampuan menganalisis data atau informasi, kemampuan atau kegagalan menggunakan mesin atau peralatan. Dan keempat, kemampuan mengevaluasi (keluhan atau keberatan konsumen atau masyarakat). Sedangkan pada segi kuantitatif juga terdaoat empat standar pekerjaan. Pertama proses kerja dan kondisi pekerjaan. Kedua, waktu yang dipergunakan atau lamanya melaksanakan pekerjaan. Ketiga, jumlah kesalahan dalam melaksanakan pekerjaan. Dan keempat, jumlah dan jenis pemberian pelayanan dalam bekerja.

4

                Berikut ini pengertian kinerja menurut para ahli.

  • Menurut Anwar Prabu Mangkunegara, kinerja ( prestasi kerja ) adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.
  • Menurut Rivai dan Basri, kinerja adalah kesediaan seseorang atau kelompok orang untuk melakukan sesuatu kegiatan dan menyempurnakannya sesuai dengan tanggung jawab dengan hasil seperti yang diharapkan.
  • Menurut Ambar Teguh Sulistiyani, kinerja seseorang merupakan kombinasi dari kemampuan, usaha dan kesempatan yang dapat dinilai dari hasil kerjanya.
  • Menurut Bambang Guritno dan Waridin, kinerja adalah perbandingan hasil kerja yang dicapai oleh karyawan dengan standar yang telah ditentukan.
  • Menurut Maluyu S.P. Hasibuan, kinerja (prestasi kerja) adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu.
  • Menurut Bambang Kusriyanto, kinerja adalah perbandingan hasil yang dicapai dengan peran serta tenaga kerja per satuan waktu.
  • Menurut John Whitmore, kinerja adalah pelaksanaan fungsi-fungsi yang dituntut dari seseorang, kinerja adalah suatu perbuatan, suatu prestasi, suatu pameran umum keterampilan.
  • Menurut Barry Cushway, kinerja adalah menilai bagaimana seseorang telah bekerja dibandingkan dengan target yang telah ditentukan.
  • Menurut Veizal Rivai, kinerja adalah perilaku yang nyata yang ditampilkan setiap orang sebagai prestasi kerja yang dihasilkan oleh karyawan sesuai dengan perannya dalam perusahaan.
  • Menurut Robert L. Mathis dan John H. Jackson, kinerja pada dasarnya adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan karyawan.
  • Menurut John Witmore, kinerja adalah pelaksanaan fungsi-fungsi yang dituntut dari seorang atau suatu perbuatan, suatu prestasi, suatu pameran umum keterampilan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian url  , pengertian riba , pengertian laporan keuangan , pengertian gender , pengertian kinerja , pengertian bola basket , pengertian hukum perdata , pengertian difusi , pengertian metabolisme , pengertian statistika , pengertian sistem pemerintahan

Related Posts