Ini Dia Manfaat dan Khasiat Buah Plum

 Kesehatan

Buah plum mungkin bukan merupakan buah yang lazim dikonsumsi di Indonesia. Buah plum adalah buah yang segar, lezat, dan memiliki banyak khasiat. Buah plum juga terdiri dari banyak kultivar yang ada di seluruh dunia. Setiap negara memiliki karakteristik warna, ukuran, dan jenis yang berbeda-beda, tergantung asal negaranya. Namun, masing-masing kultivar buah plum hampir sama ukurannya  dan biasanya berbuah antara bulan Mei dan September. Buah plum banyak diminati karena banyak memberikan khasiat bagi kesehatan, termasuk bagi ibu hamil. Ini dia manfaat dan khasiat buah plum yang seringkali dicari dan dibicarakan orang.

Khusus bagi ibu hamil, memang membutuhkan nutrisi yang sangat banyak untuk kelahiran buah hati nantinya. Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi saat hamil adalah buah plum. Buah ini mengandung berbagai macam zat dan nutrisi yang sangat baik bagi ibu hamil. Buah plum memiliki 2000 varietas berbeda, tetapi ada 3 golongan plum di dunia, yakni plum Eropa-Asia (Prunus Domestica), Jepang (Prunus Salicina), dan Damson (Prunus Insititia). Sedangkan negara penghasil plum terbesar di dunia adalah Cina, Amerika Serikat, Serbia, da Rumania. Buah plum baik bagi kesehatan karena mengandung berbagai senyawa, yakni vitamin A, vitamin C, folat, vitain K, vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin E dan sejumlah mineral seperti kalium, fluor, fosfor, magnesium, besi, kalsium, dan seng. Ini dia manfaat dan khasiat buah plum diyakini karena plum memiliki kandungan serat makanan tinggi, tetapi rendah kalori dan tidak mengandung lemak berbahaya.

4

Ini dia manfaat dan khasiat buah plum yang banyak diyakini dan telah dibuktikan dalam banyak penelitian ahli.

  • Merupakan sumber serat yang baik dengan senyawa sorbitol dan isatin yang akan membantu mengatur sistem pencernaan Anda. Buah plum yang kering juga efektif untuk mengobati sembelit.
  • Mengobati obesitas dan komplikasi lain yang berkaitan dengan obesitas karena mampu memerangi sindrom metabolik dengan menghubungkan keberadaan senyawa bioaktif. Flavonoid dan fenolik mampu memberikan efek anti obesitas dan anti inflamasi.
  • Sebagai antioksidan karena plum mengandung vitamin C dan fitonutrisi yang memiliki kualitas antioksidan yang efektif dan akan membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal oksigen.
  • Memberikan perlindungan terhadap penurunan kognitif yang berhubungan dengan usia karena kandungan flavonoid yang terdapat di dalam jus plum.
  • Mencegah hiperkolesterolemia dan hyperlipidemia dengan rutin mengonsumsi buah plum kering.
  • Membantu menghambat kerusakan jaringan tulang sehingga mencegah osteoporosis pada wanita pascamenopouse karena kandungan polifenol dan kalium yang juga mampu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang.
  • Membantu mengatasi diabetes karena plum mampu memberikan efek anti hiperglikemia.
  • Kandungan vitamin C yang tinggi akan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut akan memicu berbagai macam resistensi tubuh terhadap berbagai macam infeksi dan radang.
  • Menjaga kesehatan jantung karena buah plum yang kering mampu membantu mempromosikan fluiditas darah di arteri.
  • Kandungan vitamin B6 pada buah plum akan membantu transmisi sinyal saraf sehingga membantu kelancaran fungsi sistem saraf.
  • Membantu pembentukan sel darah merah serta memfasilitasi pembersihan dan sirkulasi darah yang sehat berkat kandungan zat besi dan tembaga di dalamnya.

Related Posts