Pengertian Difusi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Membicarakan mengenai difusi selalu terikat dengan kata inovasi. Kedua istilah tersebut seolah telah menjadi satu frasa yang tidak dapat dipisahkan. Penggunaan istilah difusi inovasi memang sudah sangat umum digunakan. Pengertian difusi menurut para ahli juga diperlukan untuk semakin memantapkan pemahaman tentang difusi inovasi. Keberadaan istilah difusi inovasi bisa muncul di segala bidang. Bisa hadir di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan bidang lainnya. Hal ini dikarenakan makna frasa ini sudah sangat familiar dan bisa diterapkan dalam berbagai bidang ilmu.

                Sesungguhnya apa itu difusi inovasi? Sebelumnya, kita pahami terlebih dahulu mengenai difusi. Difusi bisa diartikan sebagai proses komunikasi atau saling tukar informasi tentang suatu bentuk inovasi antara warga masyarakat sasaran sebagai penerima inovasi dengan menggunakan saluran tertentu dan dalam waktu tertentu pula. Sedangkan inovasi sendiri bisa diartikan sebagai suatu ide atau gagasan, hal-hal praktis, metode, cara, atau barang-barang yang dapat diamati atau dirasakan sebagai suatu yang baru bagi kehidupan manusia. Inovasi yang ditemukan dilakukan atau digunakan untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan.

7

                Berdasarkan dua pengertian di atas dan bisa pula didasari pengertian difusi menurut para ahli , muncullah frasa difusi inovasi yang bisa dimaknai sebagai penyebarluasan dari gagasan inovasi melalui suatu proses komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan saliran tertentu dalam suatu rentang waktu tertentu di antara anggota sistem sosial dalam masyarakat. Selain itu, difusi inovasi juga bisa dimaknai sebagai proses berkomunikasi melalui strategi yang terencana dengan tujuan untuk diadopsi. Dalam dunia pendidikan dikenal pula difusi inovasi pendidikan yang bisa didefinisikan sebagai proses komunikasi untuk menyebarluaskan gagasan, ide, karya, dan sebagainya sebagai produk inovasi pendidikan, maka aspek komunikasi menjadi sangat penting dalam menyebarluaskan ide dan sebagainya itu di bidang pendidikan.

                Tujuan akhir yang ingin dicapai dari difusi inovasi adalah terjadinya perubahan. Dengan diperkenalkannya konsep difusi inovasi pada akhir tahun 1960-an yang mengacu pada proses komunikasi dan melibatkan pengguna dalam mempermudah proses adopsi gagasan, perhatian kemudian beralih ke prespektif penyelenggara. Rogers melakukan studi mengenai difusi inovasi yang mencakup berbagai disiplin ilmu. Hasil studinya telah memperkuat pandangan tentang pentahapan, proses, serta variabel yang dapat mempengaruhi difusi. Dari hasil studi ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan bergantung pada upaya membangkitkan kesadaran, keinginan mencoba dan mengadopsi inovasi.

                Langkah-langkah difusi menurut Rogers ada lima, yakni pengetahuan, persuasi atau bujukan, keputusan, implementasi, dan konfirmasi. Kelima langkah di atas terjadi secara berurutan dalam proses difusi. Hal tersebut menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipelajari selain pengertian difusi menurut para ahli.  Secara umum, difusi inovasi dimaknai sebagai penyebarluasan dari gagasan inovasi tersebut melalui suatu proses komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan saluran tertentu dalam suatu rentang waktu tertentu di antara anggota sistem sosial dalam masyarakat.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian url  , pengertian riba , pengertian laporan keuangan , pengertian gender , pengertian kinerja , pengertian bola basket , pengertian hukum perdata , pengertian difusi , pengertian metabolisme , pengertian statistika , pengertian sistem pemerintahan

Related Posts