Pengertian Industri Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Mendengar istilah industri pasti selalu dikaitkan dengan bidang ekonomi dalam usahanya memproduksi suatu barang. Bahkan tak jarang industri selalu diidentikkan dengan pabrik-pabrik dengan mesin besar dan limbah yang mencemari lingkungan. Makna industri tak selalu seperti pandangan tersebut. Sebenarnya aoa itu industri? Bagaimana pula pengertian industri menurut para ahli? Industri pada dasarnya berasal dari bahasa Latin industria yang bermakna tenaga kerja. Secara umum, industri diartikan sebagai kegiatan mengolah bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Industri bisa juga diartikan sebagai segala kegiatan yang dilakukan oleh manusia dalam bidang ekonomi, bersifat produktif, komersial, yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

9

                Selain pengertian secara umum di atas, ada pula definisi yang dikemukakan oleh para pakar. Berikut ini adalah pengertian industri menurut para ahli.

  • Menurut I Made Sandi, industri adalah usaha untuk memproduksi barang jadi dengan bahan baku atau bahan mentah melalui proses produksi penggarapan dalam jumlah besar sehingga barang tersebut dapat diperoleh dengan harga serendah mungkin tetapi dengan mutu setinggi-tingginya.
  • Menurut Anto Pracoyo dan Tri Kurnawangsih, industri adalah sebuah kumpulan dari beberapa perusahaan firma yang menghasilkan barang atau jasa yang sejenis yang ada dalam sebuah pasar.
  • Menurut Bambang Utoyo, industri adalah semua kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia untuk mengolah bahan mentah yang ada menjadi bahan setengah jadi atau mengolah barang setengah jadi tersebut menjadi barang yang sudah benar-benar jadi sehingga memiliki berbagai kegunaan yang lebih bagi kepentingan manusia.
  • Menurut Sukimo, industri adalah perusahaan yang menjalankan kegiatan ekonomi yang tergolong dalam sektor sekunder.
  • Menurut Kartasapoetra, industri adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi dan atau barang jadi menjadi barang dengan nilai yang lebih tinggi lagi penggunaannya, termasuk kegiatan rancang bangun industri dan perekayasaan industri.
  • Menurut Hasibuan, secara mikro industri adalah kumpulan dari perusahaan-perusahaan yang menghasilkan barang-barang yang homogen, atau barang-barang yang mempunyai sifat yang saling mengganti sangat erat. Secara makro industri adalah kegiatan ekonomi yang menciptakan nilai tambah. Jadi batasan industri yaitu secara mikro sebagai kumpulan perusahaan yang menghasilkan barang sedangkan secara makro dapat membentuk pendapatan.
  • Menurut Teguh S. Pamudi, industri adalah sekelompok perusahaan yang menghasilkan produk yang dapat saling menggantikan satu sama lain.
  • Menurut Hinsa Sahaan, industri adalah bagian dari proses yang mengelola bahan mentah menjadi bahan baku atau bahan baku menjadi barang jadi sehingga menjadi barang yang bernilai bagi masyarakat.
  • Menurut Wirastuti dan Dini Natalia, industri adalah kegiatan mengolah bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang mendatangkan keuntungan.

                Berdasarkan pengertian industri menurut para ahli di atas, kita bisa mengetahui bahwa industri adalah sebuah kegiatan yang memang sengaja dilakukan untuk bisa menghasilkan barang baru yang bernilai tinggi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Mempelajari industri memang tak bisa dilepaskan dari sistem perekonomian, selalu saling terkait karena proses pengadaan barang dan jual belinya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian tanah longsor , pengertian browsing , pengertian bios , pengertian syariah , pengertian pemanasan global , pengertian makalah , pengertian topologi jaringan , pengertian facebook , pengertian download , pengertian industri , pengertian kebutuhan

Related Posts