Pengertian Syariah Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah syariah tentu sudah sangat tidak asing di telinga kita. Apalagi beberapa tahun belakangan ini banyak bermunculan bank syariah yang sangat diminati oleh para nasabah. Namun, pahamkah Anda dengan makna syariah sebenarnya? Termasuk dengan pengertian syariah menurut para ahli sebagai pelengkapnya? Secara etimologis, syariah berasal dari bahasa Arab syara’a yang bermakna sesuatu yang dibuka secara lebar kepadanya. Kata ini kemudian dikonotasikan oleh bangsa Arab menjadi jalan lurus yang harus diikuti. Makna syariah memang bermacam-macam, banyak ahli agama Islam yang memaknainya secara berbeda. Akhirnya para ulama menggunakan istiah syariah dengan arti selain arti bahasanya, yakni melalui tradisinya. Jadi, setiap muncul kata syariah bisa langsung dipahami sebagai secara tradisi yang telah disepakati bersama.

                Keadaan istilah seperti itu juga berlaku untuk kata salat. Sebenarnya makna kata salat adalah berdoa. Namun, karena sebuah tradisi yang berkembang di masyarakat yang mengartikan bahwa salat adalah sebuah aktivitas dari membaca niat sampai salam, maka tiap kali ada yang mengatakan salat langsung mengarah ke kegiatan tersebut. Sudah bukan lagi dimaknai sebagai berdoa. Kedudukan istilah syariah yang dibuat oleh para ulama di atas sama dengan istilah salat tersebut. Memang sudah biasa bahwa sebuah istilah akan mengalami perubahan atau penyesuaian makna tergantung pada tradisi yang ada di wilayah tersebut.

3

                Ada beberapa definisi syariah yang diungkapkan oleh para pakar, memang berbeda-beda karena istilahnya yang sulit untuk dimaknai secara lugas. Berikut ini adalah beberapa pengertian syariah menurut para ahli.

  • Menurut Imam Al-Quthurbi, syariah adalah agama yang ditetapkan oleh Allah SWT untuk hamba-hamba-Nya yang terdiri atas berbagai hukum dan ketentuan.
  • Menurut Ar-Razi, syariah yang berasal dari syara’a bisa bermakna nahaja(menempuh), awdhaha (menjelaskan) dan bayyan-al masâlik (menunjukkan jalan).
  • Menurut Muhammad Ali A-Sayis, syariah adalah jalan yang lurus.
  • Menurut Al-Jurjani, syariah adalah mazhab dan jalan yang lurus.
  • Menurut Syekh Mahmud Syaltut, syariah adalah hukum-hukum dan tata aturan yang disyariatkan oleh Allah bagi hamba-Nya untuk diikuti.
  • Menurut Faruq Nabhan, syariah adalah segala sesuatu yang disyariatkan Allah kepada hamba-hamba-Nya.
  • Menurut Manna Al-Qaththan, syariah adalah segala ketentuan yang disyariatkan bagi hamba-hamba-Nya, baik menyangkut aqidah, ibadah, akhlak, maupun muamalat.

                Dari beberapa pengertian syariah menurut para ahli di atas, kita bisa enyimpulkan secara sederhana bahwa syariah adalah segala macam aturan yang berkaitan dengan tingkah laku manusia, baik yang berkaitan dengan hukum pokok maupun hukum cabang yang berasal dari Al-Quran dan hadits Nabi Muhammad SAW. Syariah atau syariat Islam akan tetap sama dalam segi hukum dan penerapannya, tetapi bisa diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi yang sedang terjadi saat ini. Hal tersebut dikarenakan petunjuk-petunjuk yang dibawa dalam hukum syariat tersebut bisa membawa manusia kepada kebaikan dan kebahagiaan yang sesungguhnya. Mematuhi segala syariah Islam tidak akan ada ruginya. Hati dan iman kita akan semakin tebal dan tenang, menjalani hidup juga akan menjadi lebih baik, penuh berkah, dan pastinya mendapat rahmat dari Allah SWT.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian tanah longsor , pengertian browsing , pengertian bios , pengertian syariah , pengertian pemanasan global , pengertian makalah , pengertian topologi jaringan , pengertian facebook , pengertian download , pengertian industri , pengertian kebutuhan

Related Posts