Pengertian Pemanasan Global Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pemanasan global atau akrab disebut dengan global warming menjadi perbincangan yang memang sedang sangat marak akhir-akhir ini. Berbagai kalangan membicarakannya dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Namun, satu hal yang sama bahwa pemanasan global merupakan ancaman berbahaya bagi kelangsungan hidup di bum bila tidak cepat-cepat ditanggulangi. Tak perlu waktu lama untuk enyadarkan masyarakat tentang bahaya pemanasan global ini karena saat ini sudah banyak orang, komunitas, organisasi, intitusi pemerintah, dan perusahaan yang mulai melakukan pencegahan, meskipun kegiatan pengrusakan juga ikut mengiringi perjalanannya. Untuk itu, keberadaan pengertian pemanasan global menurut para ahli berperan penting karena bisa menambah kemantapan wawasan mengenai pemanasan global itu sendiri.

                Secara umum, pemanasan global bisa dimaknai sebagai peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Peningkatan suhu ini membuat cuaca dan iklim di bumi menjadi tidak menentu dan cenderung berubah sangat drastis, keadaan yang paling mudah diamati adalah udara yang semakin panas. Menurut Wikipedia, suhu rata-rata di bumi memang meningkat sebanyak 0,8 derajat celcius sejak awal abad ke-20. Kemungkinan peningkatan tersebut disebabkan oleh semakin meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat efek rumah kaca yang didapat dari aktivitas manusia.

4

                Kepopuleran bahasan mengenai pemanasan globab membuat pengertian pemanasan global menurut para ahli semakin hari semakin banyak. Tak hanya para ahli, banyak organisasi dan komunitas pencinta lingkungan yang ikut berperan memberikan sumbangan ide berupa definisi. Berikut ini adalah definisi-definisi tersebut.

  • Menurut Agen Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, pemanasan global adalah peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi, baik yang lalu maupun yang sedang terjadi saat ini.
  • Menurut Asosiasi Energi Matahari New Mexico, pemanasan global adalah peningkatan temperatur atau suhu rata-rata permukaan bumi sebagai dampak dari efek rumah kaca.
  • Menurut Natural Resources Defense Council, pemanasan global adalah krisis lingkungan dan kemanusiaan terbesar yang sedang terjadi saat ini.
  • Menurut National Wildlife Federation, pemanasan global adalah peristiwa yang semakin hari semakin panas, hujan dan banjir semakin deras, badai semakin hebat dan kekeringan semakin menjadi-jadi.

                Dari pengertian pemanasan global menurut para ahli di atas, hal buruk yang sedang mengancam bumi dengan nama pemanasan global tentunya bisa memberikan dampak negatif bagi keadaan bumi ini. Adapun dampak-dampak yang dimaksud adalah sebagai berikut. Pertama, es di kutub akan mencair. Gumpalan es raksasa yang berada di kutub utara dan selatan setiap hari terus mencair. Bahkan, di Greenland telah mencair mencapai hampir 19 juta ton, tentu itu bukan angka yang sedikit. Kedua, meningkatnya level permukaan air laut. Karena es di kutub mencair, maka air laut ikut naik level dan bisa menyebabkan banjir. Ketiga, perubahan iklim yang ekstrem. Saat ini iklim sudah tidak mengikuti aturan normal, perubahannya semakin aneh dan ekstrem. Keempat, gelombang panas yang meningkat. Gelombang panas bisa menyebabkan kekeringan parah dan kebakaran hutan, juga timbulnya gagal panen. Kelima, gletser sebagai sumber air bersih semakin habis. Karena gletser terus mencair maka kemungkinan cadangan air bersih untuk seluruh dunia akan semakin menipis. Hal ini sudah terjadi di banyak negara yang mengalami kekeringan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian tanah longsor , pengertian browsing , pengertian bios , pengertian syariah , pengertian pemanasan global , pengertian makalah , pengertian topologi jaringan , pengertian facebook , pengertian download , pengertian industri , pengertian kebutuhan

Related Posts