Pengertian Makalah Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pernahkah Anda diminta untuk membuat makalah? Bagi Anda yang saat ini tengah duduk di bangku sekolah atau kuliah, makalah sudah menjadi makanan pokok setiap hari. Sebelum membuat makalah sebagai tugas sekolah atau kuliah, sudah pahamkah Anda apa yang disebut dengan makalah? Tak ada salahnya mempelajarinya terlebih dahulu sebelum memulai untuk membuatnya. Begitu pula dengan pengertian makalah menurut para ahli juga perlu untuk dipelajari lebih lanjut. Makalah sebenarnya adalah salah satu jenis karya ilmiah yang biasanya dapat dikerjakan secara individu dan kelompok. Pengerjaannya memang tidak bisa dianggap mudah, tetapi juga bukan berarti ssangat sulit. Makalah bisa diibaratkan seperti mengarang dengan bahasa yang lebih baku.

                Secara umum, makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah tentang topik tertentu yang berada dalam ruang lingkup tertentu. Karena bersifat ilmiah, makalah biasa dijadikan sebagai tugas akhir untuk menentukan lulus atau tidaknya seseorang dalam menempuh suatu studi. Dilihat dari cakupan isinya, makalah bisa dibagi menjadi dua jenis, yakni makalah biasa dan makalah posisi. Makalah biasa adalah makalah yang dibuat untuk menunjukkan atau membahas mengenai sebuah topik permasalahan tertentu. Penulis bisa mengemukakan pengetahuan yang ia ketahui secara deskriptif dengan tambahan pendapat dan saran. Sedangkan makalah posisi adalah jenis makalah yang tak hanya memaparkan sebuah pengetahuan, tetapi juga dipertegas dengan teori-teori yang mendukung pengetahuan tersebut. Makalah jenis ini butuh ketelitian dan keseriusan yang lebih besar bila dibandingkan dengan makalah biasa.

5

                Makalah memiliki banyak makna yang dikemukakan oleh para pakar. Beberapa pengertian makalah menurut para ahli adalah sebagai berikut.

  • Menurut Poerwadarminta, makalah adalah sebuah uraian tertulis yang membahas tentang suatu permasalahan untuk mendapatkan pembahasan lebih lanjut.
  • Menurut Zaenal Arifin, makalah adalah karya tulis ilmiah yang menyajikan masalah dan pembahasannya berdasar pada data di lapangan yang bersifat empiris-objektif.
  • Menurut Sudjiman, makalah adalah sebuah karangan berbentuk prosa, bukan fiksi, yang membahas mengenai topik tertentu. Makalah juga bisa disebut sebagai naskah semester yang biasa diminta dosen.
  • Menurut Surakhmad, makalah adalah segala jenis tugas kuliah yang diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil dari pembahasan buku maupun hasil karangan mengenai sebuah topik.
  • Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), makalah adalah tulisan remsi mengenai suatu pokok yang dimaksud akan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Makalah adalah sebuah karya tulis pelajaran atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.
  • Menurut Tanjung dan Ardial, makalah adalah sebuah karya tulis yang memuat mengenai suatu masalah tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut, disertai analisis yang logis dan objektif.

                Dari pengertian makalah menurut para ahli di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa makalah memang harus disusun secara sistematis. Makalah memang memiliki sistematika yang sangat runtut dan terstruktur. Sistematika tersebut adalah pendahuluan, isi, dan penutup. Pendahuluan dalam makalah biasanya berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan, prosedur, pemecahan masalah, dan sistematikan uraian. Isi merupakan bahasan yang dibuat sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan dibuatnya makalah. Penutup biasanya berisi simpulan dan saran. Penulis bebas memberikan simpulannya sesuai dengan hasil dari pembahasannya digabung dengan teori-teori yang digunakan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian tanah longsor , pengertian browsing , pengertian bios , pengertian syariah , pengertian pemanasan global , pengertian makalah , pengertian topologi jaringan , pengertian facebook , pengertian download , pengertian industri , pengertian kebutuhan

Related Posts