Pengertian Tanah Longsor Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Mendengar kata tanah longsor yang langsung ada di benak kita adalah bebncana alam mengerikan yang bisa merenggut banyak nyawa serta merusak berbagai bangunan. Untuk lebih jelasnya kita bisa mempelajari pengertian tanah longsor menurut para ahli. Pengetahuan tersebut memang dibutuhkan agar kita tidak lagi merasa ketakutan dengan bencana alam tersebut. Kita juga bisa mempelajari cara mencegah, menanggulangi, dan merawat lingkungan agar tanah longsor tidak sering terjadi. Secara umum, tanah longsor adalah peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan tanah seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan tanah yang besar. Pengertian lain menyebutkan bahwa tanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan tanah, atau bahkan material campuran yang bergerak ke bawa atau keluar lereng.

                Pada dasarnya penyebab utama bencana tanah longsor adalah gravitasi yang memengaruhi lereng yang curam. Selain itu, penyebab tanah longsor juga bisa disebabkan oleh dua faktor, yakni faktor pendorong dan faktor penahan. Faktor pendorong adalah segala faktor yang memengaruhi kondisi material itu sendiri. Sedangkan faktor penahan adalah faktor yang menyebabkan material tersebut bergerak. Tanah longsor bisa terjadi jika gaya pendorong yang ada pada lereng lebih besar dari pada gaya yang menahannya. Gaya penahan ini biasanya dipengaruhi oleh kekuatan batuan dan kepadatan tanah. Semakin kuat batu dan semakin padat tanah yang menahannya, maka semakin kecil kemungkinan akan terjadinya tanah longsor.

10

                Selain penjelasan mengenai pengertian tanah longsor menurut para ahli dan penyebab utama tanah longsor, ada juga faktor-faktor lainnya yang juga bisa memengaruhi terjadinya tanah longsor. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut.

  • Erosi yang bisa disebabkan oleh sungai atau laut yang mampu menciptakan lereng yang curam.
  • Gempa bumi yang bisa menyebabkan tekanan sehingga longsoran lereng menjadi lemah.
  • Gunung berapi yang mampu menciptakan simpanan debu yang lengang, hujan, dan aliran debu.
  • Getaran dari mesin-mesin yang digunakan oleh manusia, arus lalu lintas, penggunaan bahan-bahan peledak, dan petir yang sangat dahsyat.
  • Berat berlebihan yang melintas di atas tanah, misalnya saja salju yang menumpuk atau hujan lebat yang menyebabkan banjir.

                Segala macam bencana alam memang tidak bisa diprediksi atau direncanakan oleh manusia, tetapi bencana tersebut bisa dicegah, termasuk dengan bencana alam tanah longsor. Cara mencegah terjadinya tanah longsor sebenarnya tidak terlalu sulit. Cara-cara tersebut adalah (1) tidak menebang pohon dan merusak hutan, (2) melakukan reboisasi, (3) membuat saluran air hujan, (4) membangun dinding penahan di lereng-lereng termal, (5) memeriksa keadaan tanah secara berkala, dan (6) mengukur tingkat kelebatan hujan. Cara-cara tersebut bisa dilakukan oleh siapapun, tak perlu pakar untuk melakukannya.

                Ulasan mengenai pengertian tanah longsor menurut para ahli di atas semoga bisa menjadi bahan pembelajaran bagi kita semua. Bahwasanya bencana tidak akan muncul bila tidak ada penyebabnya, dan semua bencana bisa diatasi dengan pencegahan yang sistematis dan berkala. Yang terpenting dari hadirnya sebuah bencana alam adalah cara menanggulanginya dan meminimalisasi korban sesedikit mungkin.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian tanah longsor , pengertian browsing , pengertian bios , pengertian syariah , pengertian pemanasan global , pengertian makalah , pengertian topologi jaringan , pengertian facebook , pengertian download , pengertian industri , pengertian kebutuhan

 

Related Posts