Pengertian Kebutuhan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Membicarakan mengenai kebutuhan memang tidak ada habisnya. Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan yang tak terbatas dan selalu berusahan untuk memenuhinya dengan berbagai macam cara. hal tersebut membuat daftar kebutuhan manusia selalu bertambah setiap harinya. Pengertian kebutuhan menurut para ahli pun menjadi salah satu hal yang bisa dijadikan bahan pembelajaran agar manusia bisa mengontrol pikiran dan hasratnya untuk memenuhi kebutuhan. Secara singkat, kebutuhan bida didefinisikan sebagai segala sesuatu yang diperlukan oleh manusia yang bisa didapatkan dengan cara memiliki barang dan jasa. Barang dan jasa yang dibutuhkan berusaha didapatkan sebisa mungkin, setelah mendapatkannya maka barang dan jasa itu sudah bukan lagi dianggap sebagai kebutuhan.

                Sejauh ini kebutuhan manusia bisa dibagi menjadi tiga jika didasarkan pada tingkat kepentingannya, yakni kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang pemuasannya harus sesegera mungkin agar manusia tetap bisa menjaga kelangsungan hidupnya dengan baik. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan kedua etelah kebutuhan primer yang disebut juga dengan kebutuhan pelengkap yang pemuasaannya bisa ditunda. Sedangkan kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang hanya bisa dipenuhi jika manusia tersebut mampu untuk memilikinya karena kebutuhan ini bersifat mewah dan mahal. Ketiga kebutuhan tersebut sudah mengakar dalam kehidupan manusia. Tentunya barang dan jasa yang digolongkan dalam ketiga kebutuhan tersebut akan berbeda pada kehidupan setiap orang.

10

                Pengertian kebutuhan menurut para ahli dibagi oleh Abraham Maslow menjadi lima tingkat, yakni kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa cinta, kebutuhan rasa aman, kebutuhan harga diri, dan kebutuhan aktualisasi diri. Kebutuhan fisiologis adalah kebutuhan paling mendasar dalam kehidupan manusia, misalnya kebutuhan akan oksigen, makanan, minuman, istirahat, dan lain sebagainya. kebutuhan rasa cinta adalah kebutuhan untuk memiliki dan dimiliki, menerima dan memberi kasing saying, kehangatan, persahabatan, dan memiliki keluarga. Kebutuhan rasa aman dan perlindungan, termasuk perlindungan fisik dan psikologis. Kebutuhan harga diri menuntut seseorang untuk dihargai oleh orang lain. Kebutuhan ini bisa pula berhubungan dengan keinginan seseorang untuk mendapatkan prestasi tertentu. Kebutuhan aktualisasi diri merupakan kebutuhan untuk berkontribusi pada orang lain atau lingkungan.

                Kebutuhan manusia juga bisa dibagi berdasarkan sifat, waktu pemenuhan, dan subjeknya. Berikut penjelasan lebih rinci, tentunya berakar dari pengertian kebutuhan menurut para ahli.

  • Berdasarkan sifatnya, kebutuhan manusia dapat dibagi menjadi kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang haris dipenuhi agar jasmani manusia berfungsi dengan baik. Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia agar mental bisa berfungsi dengan baik.
  • Berdasarkan waktu pemenuhannya, kebutuhan manusia dibagi menjadi kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang. Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang sangat mendesak dan harus dipenuhi sekarang juga demi kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang bisa ditunda sampai dengan waktu yang tepat untuk memenuhinya.
  • Berdasarkan subjeknya, kebutuhan bisa dibagi menjadi kebutuhan pribadi dan kebutuhan sosial. Kebutuhan pribadi adalah kebutuhan yang bisa dipenuhi atas keinginan pribadi atau individu. Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang berhubungan dengan kehidupan bersama dan bermasyarakat.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian kebutuhan , pengertian cpu , pengertian akomodasi , pengertian neraca , pengertian bahasa indonesia , pengertian atmosfer , pengertian resistor , pengertian prosedur , pengertian listrik , pengertian hutan , pengertian motivasi belajar

 

Related Posts