Pengertian dan Fungsi Daun

 Pengetahuan

Daun, bukanlah benda yang terlihat dan terdengar asing di kalangan masyarakat. Orang dewasa, remaja dan anak – anak dari yang berpendidikan tingggi dan yang tidak pernah mengeyam bangku pendidikan sama sekali, pasti tidak asing dengan daun. Semua pasti pernah melihat daun. Dan sepertinya, penulis tidak harus menjelaskan dimana kita dapat menemukan daun. Apa pengertian dan fungsi daun menurut anda?

Dalam kamus lengkap bahasa Indonesia, daun memiliki arti sebagai bagian penting dari tumbuh – tumbuhan yang memiliki helai dengan lebar yang tipis. Sedangkan menurut ilmu biologi, daun adalah salah satu organ tumbuhan yang memiliki peran penting dalam proses pertumbuhan tumbuhan. Kedua arti ini memiliki maksud yang sama, hanya penjabaran kata – katanya saja yang berbeda. Di kalangan masyarakat pengertian dan fungsi daun berkaitan dengan proses fotosintesis. Masih ingatkah anda pelajaran tentang daun yang kita pelajari saat kita duduk di bangku sekolah? Sesuai dengan pengertiannya, daun memiliki fungsi, yaitu :

6

  1. Daun berfungsi sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis, fotosintesis dikatakan sebagai proses pembuatan makanan dalam tumbuh – tumbuhan. Proses ini berhubungan dengan kelangsungan hidup tumbuh – tumbuhan, karena dari proses fotosintesis tumbuhan dapat memperoleh dan memasok energinya sendiri menggunakan bantuan sinar matahari.
  2. Daun memiliki stomata yang fungsinya sebagai program respirasi, oleh karena itu daun berfungsi sebagai organ respirasi pada tumbuhan
  3. Daun berfungsi sebagai tempat terjadinya pelepasan air dalam bentuk uap air, fungsi ini dilakukan melalui stomata dan kutikula ke udara bebas
  4. Daun berfungsi dalam proses pengeluaran cairan yang ada dalam tumbuh – tumbuhan. Cairan ini didapat dari proses pelepasan air dari jaringan daun, atau fungsi daun ini dikenal dengan nama gutasi.
  5. Daun sebagai alat pengembangbiakan vegetative dalam tanaman cocor bebek. Banyak daun dijadikan bahan untuk reproduksi vegetative menjadi stek daun.

Sudah pahamkah anda mengenai pengertian dan fungsi daun di pembahasn kali ini? Yang kita ketahui, daun identik dengan warna hijau. Mengapa? karena di dalam daun terdapat zat hijau daun atau dikenal dengan istilah klorofil. Warna hijau juga identik dengan lingkungan dan penyerap panas yang baik. Proses penyerapan ini erat kaitannya dengan proses fotosintesis, oleh karena itu klorofil dan fotosintesis adalah satu kesatuan yang saling berhubungan dan tidak terpisah satu sama lain. Jika salah satu nya terganggu, dipastikan memperngaruhi proses yang berlangsung di dalamnya sehingga dapat menyebabkan kematian pada tumbuhan. Masih ingatkah anda dengan klorofil? Klorofil adalah senyawa pigmen yang berperan untuk menyeleksi panjang gelombang cahaya, yang energinya di ambil dalam proses fotosintesis. Kita sering melihat daun yang sudah tua memiliki warna hijau yang memudar sehingga tampak kekuningan/ kemerahan, hal ini disebabkan daun yang tua kehilangan klorofil yang terkandung di dalamnya. Sama halnya seperti manusia, semakin tua daun akan mempengaruhi produksi klorofil yang terkandung di dalamnya.

Penulis akhiri pembahasan artikel dengan judul pengertian dan fungsi daun kali ini, semoga pembahasan kali ini tidak menjenuhkan, manmbah ilmu dan pengetahuan anda tentang dunia tumbuhan.

Related Posts