Pengertian Browsing Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Mengenal segala hal mengenai internet tak akan sempurna bila tidak memahami pengertian browsing menurut para ahli. Browsing memang sudah bukan hal yang asing lagi di dunia yang serba internet ini. Hampir setiap hari kegiatan browsing ini dilakukan, terutama bagi remaja dan anak-anak. Apalagi saat ini telah banyak beredar gadget dan smartphone yang semakin memudahkan pengguna untuk melakukan browsing. Bahkan, ada beberapa orang yang merasa belum lengkap rutinitas hariannya bila tidak melakukan aktivitas browsing ini. Sebuah penelitian mengatakan bahwa hampir 80% penduduk di bumi ini selalu melakukan browsing setiap harinya. Jumlah tersebut tersebar di seluruh penjuru dunia dengan rentangan usia mulai dari anak-anak hingga orang tua, pria wanita, berbagai kalangan sosial, dan dari latar belakang pekerjaan yang beragam.

                Istilah browsing bisa disamakan dengan surfing yang bermakna berselancar, maksudnya adalah mengarungi dunia internet. Pengertian browsing adalah berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet. Selain itu, browsing juga bisa didefinisikan sebagai pencarian informasi melalui sebuah software atau sistem operasi yang berbasis hypertext, misalnya mencari pengertian, mencari istilah, membaca berita atau informasi, dan sebagainya. Pada aktivitas browsing ini pengguna membutuhkan sebuah software atau perangkat lunak bernama browser. Dilihat dari istilahnya, browser ini memang bisa diartikan sebagai software atau alat yang digunakan untuk menjelajah internet.

1

                Pengertian browsing menurut para ahli memang tidak bisa dilepaskan dari browser yang dipakai oleh penggunanya. Ada beberapa browser yang cukup terkenal, dipakai oleh banyak pengguna internet di seluruh dunia. Browser-browser tersebut adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Opera, Safari, dan lain-lain. Kesemua browser tersebut adalah software yang paling sering diakses di seluruh dunia. Yang perlu ditekankan dalam browsing adalah aktivitas ini berbeda dengan download dan searching. Download adalah mengunduh berkas berupa dokumen, suara, musik, film, dan lain-lain yang disimpan dalam bentuk data. Searching adalah pencarian suatu situs yang belum diketahui secara pasti alamat yang dimiliki. Download dan searching merupakan langkah selanjutnya yang bisa dilakukan setelah browsing.

                Bagi Anda yang menggemari aktivitas browsing, mungkin ada beberapa istilah yang sering muncul namun masih belum Anda pahami. Selain pengertian browsing menurut para ahli, kita juga bisa mempelajari istilah-istilah tersebut. Istilah-istilah tersebut adalah protokol, hypertext, html, hyperlink, web, homepage, situs, shareware, dan fareware. Protokol adalah aturan-aturan yang menentukan dua atau lebih komputer untuk saling berkomunikasi. Hypertext adalah serangkaian kata pada dokumen HTML yang memiliki link dengan dokumen HTML lainnya. HTML adalah standar untuk dokumen hypertext. Hyperlink adalah hubungan antar dokumen HTML pada sebuah web server yang biasanya ditampilkan dengan format garis bawah. Web adalah halaman yang memuat banyak sekali situs. Homepage adalah tampilan awal dari situs yang memuat informasi atau berupa gambaran singkat mengenai situs tersebut. Situs adalah alamat dalam web. Shareware adalah software sampel yang bisa diuji coba terlebih dahulu, seperti sebuah demo atau trial. Freeware adalah software bebas yang gratis untuk pengguna internet.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian tanah longsor , pengertian browsing , pengertian bios , pengertian syariah , pengertian pemanasan global , pengertian makalah , pengertian topologi jaringan , pengertian facebook , pengertian download , pengertian industri , pengertian kebutuhan

Related Posts