Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

 Kesehatan

Temulawak merupakan salah satu dari jenis tanaman rimpang yang biasa diolah menjadi minuman tradisional jamu. Karena telah dikenal sebagai bahan jamu inilah manfaat temulawak untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi kebenarannya. Tanaman rimpang dengan nama Latin Curcuma Xanthorrhiza ini memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan kunyit. Temulawak merupakan tanaman asli dari Indonesia, khususnya dari Pulau Jawa. Namun, saat ini tanaman temulawak sudah bisa dijumpai di berbagai negara di Asia Tenggara seperti Cina, India, Jepang, dan Korea. Temulawak memiliki banyak khsiat karena kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Temulawak memiliki beberapa kandungan senyawa kimia yang terdapat pada rimpangnya, antara lain berupa fellandrean, turmerol atau yang sering disebut minyak menguap, minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol, kurkuminoid (kurkumin dan desmetoksikurkumin). Temulawak juga mengandung pati, protin, abu, serat, borneol, sineal, dan xanthorrhizol. Selain itu masih banyak kandungan di dalam temulawak, seperti karbohidrat, lemak, protein, serat kasar, dan mineral (kalium, natrium, magnesium, zat besi, dan mangan). Dengan zat-zat itulah temulawak mampu mengatasi berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Jamu tradisional temulawak pun semakin dilestarikan karena disadari memiliki banyak khasiat tanpa efek samping karena terbuat dari bahan alami tanpa pengawet.

2

Adapun berbagai macam manfaat temulawak untuk kesehatan dan cara meramunya yang benar adalah sebagai berikut.

  • Menambah nafus makan dengan cara merebus temulawak dengan lengkuas dan daun meniran, disaring kemudian diminum.
  • Mengatasi gangguan pencernaan dengan cara mengonsumsi suplemen temulawak secara teratur.
  • Mengobati asma atau sesak napas dengan mengiris tipis-tipis temulawak dan direbus bersamaan dengan gula aren.
  • Mengatasi penyakit limfa dengan cara memarut temulawak dan lengkuas lalu direbus dengan air hingga mendidih, disaring dan kemudian diminum sehari sekali.
  • Mengatasi sakit perut dan nyeri haid dengan memarut temulawak kemudian direbus bersamaan dengan mata asam, gula kelapa, dan garam.
  • Meringankan osteoarthritis atau peradangan.
  • Mengatasi kanker, seperti kanker pay*u*dara, usus, dan prostat karena mengandung curcumin bisa menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.
  • Mengobati sakit kepala dan masuk angin, iris tipis-tipis temulawak lalu dikeringkan dan ditumbuk hingga menjadi tepung. Tepung tersebut lalu direbus hingga mendidih, disaring dan diminum.
  • Mengatasi penyakit ginjal dengan mengiris tipis temulawak yang kemudian direbus dengan daun kumis kucing dan daun kecabeling hingga mendidih lalu diminum.
  • Mengobati penyakit maag dengan cara mengiris temulawak dan diangin-anginkan kemudian direbus sampai mendidih, disaring dan diminum.
  • Memperbanyak produksi ASI (air susu ibu) dengan cara memarut temulawak kemudian mencampurnya dengan tepung saga dan ditambah air panas secukupnya hingga menjadi bubur lalu dimakan.
  • Mengatasi sakit pinggang dengan merebus temulawak dengan kunyit dan daun kumis kucing.
  • Mengatasi sembelit atau sulit buang air besar yakni dengan cara menumpuk temulawak dengan biji sawi dan diseduh dengan air panas, disaring lalu diminum.

Itulah manfaat temulawak untuk kesehatan, sangat beragam bukan? Tentunya kita bisa mencobanya di rumah. Bahan-bahannya alami, murah, dan mudah sekali didapat karena bisa didapat di sekitar kita. Dengan bahan dan cara yang sederhana, kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal tanpa efek samping karena diproses dengan cara yang benar.

Related Posts