Manfaat Air Kelapa Muda Hijau/Ijo untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

 Kesehatan

Anda penggemar meminum air kelapa muda hijau? Tahukah Anda bahwa air kelapa muda hijau selain menyegarkan juga memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan, terutama bagi ibu hamil? Ya, minuman yang identik dengan suasana pantai ini memang menjadi primadona bagi sebagian besar orang yang menyukai minuan segar. Selain menyegarkan, air kelapa muda hijau juga memberikan rasa nikmat yang lebih bila dibandingkan dengan meminum air putih biasa. Banyak orang beranggapan bahwa air kelapa muda hijau memiliki khasiat yang jauh lebih baik dibandingkan dengan air putih. Benarkah demikian? Manfaat air kelapa muda hijau/ijo untuk kesehatan dan ibu hamil memang sudah bukan merupakan rahasia lagi.

Sudah sejak lama dibuktikan bahwa air kelapa muda hijau mampu mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan. Minuman yang popular di daerah tropis ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi minuman yang lebih menyegarkan dan menyehatkan. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari air kelapa muda hijau. Banyaknya manfaat tersebut dikarenakan kandungan air kelapa muda hijau mengandung banyak sekali nutrisi. Apa saja nutrisi yang terkandung di dalamnya? Air kelapa muda hijau mengandung potassium untuk menurunkan tekanan darah pada arteri, glukosa untuk energi, vitain C untuk melindungi tubuh dari penyakit, dan vitamin B untuk pergantian jaringan-jaringan tubuh.

3

Adapun manfaat air kelapa muda hijau/ijo untuk kesehatan dan ibu hamil yang bisa didapatkan dari nutrisi-nutrisi tersebut secara lengkap adalah sebagai berikut.

  • Sebagai pengganti cairan tubuh dan mineral yang hilang. Bila Anda sedang kelelahan karena aktivitas yang berat, disarankan untuk mengonsumsi air kelapa muda hijau segar.
  • Sebagai minuman anti penuaan dini karena kandungan asam laurat dan sitokin yang berperan dalam pembaharuan sel-sel tubuh.
  • Menjaga kesehatan kardiovaskular karena air kelapa muda hijau kaya akan magnesium dan kalium yang membantu penderita tekanan darah rendah dan mengurangi risiko serangan jantung.
  • Membantu sirkulasi darah dan mencegah terjadinya penyumbatan aliran darah.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Mencegah penyakit batu ginjal.
  • Membantu kelancaran saluran pencernaan.
  • Mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh.
  • Mencegah kram otot dan menguatkan tulang.
  • Menurunkan berat badan sehingga cocok sebagai minuman bagi Anda yang melakukan program diet sehat.
  • Meningkatkan energi di dalam tubuh karena kandungan glukosa yang tinggi.
  • Mengontrol diabetes dan menetralkan racun di dalam tubuh.

Selain baik bagi kesehatan, air kelapa muda hijau juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Manfaat air kelapa muda hijau/ijo untuk kesehatan dan ibu hamil telah terbukti karena kandungan zat-zat di dalamnya bisa menjaga kesehatan bayi yang ada di dalam kandungan. Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang bisa dirasakan oleh ibu hamil bila mengonsumsi air kelapa muda hijau secara teratur. Pertama, kandungan elektrolit alami di dalamnya mampu menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi dan kekurangan stamina. Kedua, memiliki kandungan diuretic alami yang berfungsi untuk memperlancar proses pembuangan urin dan membantu membersihkan saluran kemih. Ketiga, kandungan asam laurat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi karena bisa berguna sebagai anti penyakit. Keempat, membantu sistem kerja saluran pencernaan selama masa kehamilan. Kelima, mampu meningkatkan HDL karena air kepala muda hijau tidak mengandung lemak dan kolesterol, bahkan mampu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Related Posts