Fungsi Keuangan Dalam Kehidupan Sehari – Hari

 Pengetahuan

Siapa yang tidak senang dengan uang?  Jawabannya pasti tidak ada. Dengan uang segala keperluan dari benda, barang, makanan, pendidikan, bahakan kondisi fisik dapat kita beli. Kali ini penulis akan menulis artikel yang berhubungan dengan uang, dan diberi judul fungsi keuangan dalam kehidupan sehari-hari.

Kata uang selalu berhubungan dalam hidup manusia. Kita kerja untuk mendapatkan uang yang digunakan untuk kebutuhan hidup. Kita sekolah agar dapat bekerja dengan layak, dari pekerjaan tersebut kita akan mendapatkan uang yang lagi lagi digunakan untuk kehidupan sehari hari. Uang dalam kehidupan harus memiliki input dan output yang seimbang. Syukur, syukur kalo input lebih besar dari output, tetapi jika output lebih besar dari input? Terfikirkah anda? Bisa jadi kita terlilit hutang untuk menutup kebutuhan sehari-hari kita. Jangan sampai terjadi kan pembaca? Untuk mengatur semua itu kita harus membuat system keuangan yang baik agar tidak terjadi tumpang tindih dalam sisitem keuangan kita. Oleh karena itu penulis menulis artikel dengan judul fungsi keuangan dalam kehidupan sehari-hari dengan harapan pembaca lebih memahami tentang pengolahan system keuangan yang rapih dalam kehidupan sehari – hari.

9

Sebelum membahas ke fungsi keuangan dalam kehidupan sehari-hari kita jabarkan dulu apa itu pengertian dasar dari keuangan? Keuangan dalam kehidupan sehari-hari adalah cara seseorang yang dibuat dengan semampunya untuk mengatur keluar masuknya uang dengan memperhitungan pendapatan yang didapat dan pengeluaran yang dibutuhkan ( input à output). Dengan membuat system keuangan dalam kehidupan sehari-hari diharapakan pemasukan yang diperoleh memiliki mnilai yang lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan yang diperlukan. Tidak hanya mengandalkan system keuangan saja bila seseorang dalam kehidupan sehari-harinya ingin memiliki pendapatan yang lebih, tetapi dengan bekerja keras dapat dipastikan seseorang mendapatkan penghasilan yang besar sehingga input bisa lebih besar daripada output.

Tetapi input yang besar melebihi output tidak dapat terorganisir dengan baik bila tidak diimbangi dengan system keuangan yang baik juga. Setelah menjabarkan pengetahuan tentang arti keuangan sekarang kita lanjutkan ke fungsi keuangan dalam kehidupan sehari-hari ya pembaca. Fungsi keuangan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah :

  1. Sebagai acuan untuk menentukan banyaknya uang yang akan digunakan dikebutuhan sekarang dan kebutuhan dimasa depan yang berpatokan dengan pendapatan yang didapat.
  2. Sebagai pengendali dalam kehidupan sehari-hari. Pengendali di sini berarti dalam system keuangan dengan harapan pendapatan ≥ pengeluaran
  3. Sebagai pemberi skat untuk keperluan primer yang memang harus dikeluarkan setiap hari/ bulannya dan disesuaikan dengan pendapatan.

Nah pembaca, sudah bisa mengerti kan? Uang yang banyak tanpa memiliki system keuangan yang baik jelas akan menimbulkan tumpang tindih. Buat apa kita susah payah mendapatkan uang kalau ujung-ujung nya tetap minus karena system keuangan yang tidak baik. Setelah membaca artikel fungsi keuangan dalam kehidupan sehari-hari penulis berharap pembaca memiliki semangat untuk lebih memperbaiki dan terus memperbaiki system keuangan kita. Dengan system keuangan yang baik siapa tahu akan menjadi tabungan kita di kehidupan kita mendatang atau bahakan di masa tua kita nanti. Tidak ada yang tahu kan? Semoga artikelnya bermanfaat ya pembaca.

Related Posts