Pengertian Relasi dan Fungsi Matematika

 Pengetahuan

Kembali lagi kita membahas pelajaran matematika. Jangan bosan dulu pembaca membaca artikel ini. Artikel yang dibuat kali ini berjudul pengertian relasi dan fungsi matematika. Tapi, penulis hanya akan mengulas sedikit tentang pelajaran yang dulu mungkin sempat pembaca pelajari. Agar tidak lupa kalau ditanya adik atau mungkin anak kita, mari kita sama – sama belajar kembali agar tidak benar – benar lupa terhadap pelajaran  kita di masa lalu. Biar bagaimanapun ilmu bukan untuk dilupakan tetapi untuk dipelajari dan terus digali agar kita semakin menguasai, dan dapat berguna di kehidupan kita di masa yang akan datang baik untuk pribadi maupun kelompok.

8

Membahas pengertian relasi dan fungsi matematika kali ini kita definisikan dulu apa arti dari masing – masing kata, setelah itu kita bisa menarik kesimpulan apa kaitannya dari kedua kata yang sama – sama ada dalam ilmu matematika.  Relasi dalam matemetika berhubungan dengan himpunan. Apa itu himpunan?  Himpunan adalah kumpulan benda – benda yang menjadi satu kesatuan karena memiliki suatu kesamaan. Setelah menjabarkan arti himpunan, terlintaskah di fikiran pembaca tentang arti dari relasi? Relasi diartikan sebagai  hubungan antara dua elemen himpunan. Hubungan ini bersifat abstrak, dan tidak perlu ada landasan arti apapun baik konkrit maupun matematis. Sedangkan fungsi dalam matematika adalah suatu relasi yang menghubungkan setiap anggota x dalam suatu himpunan yang disebut (domain) dengan suatu nilai tunggal f(x) dari suatu hinpunan kedua daerah kawan (kodomain) sehingga menghasilkan range (nilai hasil) yang merupakan himpunan nilai yang diperoleh dari relasi tersebut. Hubungan antara fungsi dan relasi adalah pemetaan. Pembaca tidak asing dengan kata ini kan? tapi jika ditanya apa arti pemetaan dapatkah pembaca menjabarkannya? Tidak usah bingung pembaca karena pemetaan itu memiliki arti yang sama dengan fungsi. Semua relasi merupakan suatu pemetaan tetapi setiap fungsi adalah relasi.  Bingung tidak pembaca dengan pembahasan kali ini? Agar mempermudah pembaca, penulis memberi contoh singkatnya dalam soal di bawah ini :

A = { daun, tanah, batu, laut, awan }

B = { merah, hijau, biru, kuning, putih,coklat, abu – abu }

Dengan R adalah relasidari A ke B yang menunjukan “warna yang dimiliki”

Jawabannya adalah :

Domain      = adalah anggota dari A { daun, tanah, batu, laut, awan }

Kodomain =  adalah anggota dari B { merah, hijau, biru, kuning, putih,coklat, abu – abu}

Range         = daun berwarna hijau, tanah berwarna coklat, batu berwarna merah, laut berwarna biru, awan berwarna abu-abu. Jadi range nya adalah { hijau, coklat, merah, biru, abu – abu }

Setelah penjabaran dan contoh yang diberikan pembaca sudah tidak bingung lagi kan? mudah bukan memahaminya? Selesai pembahasan kali ini dengan judul pengertian relasi dan fungsi matematika, penulis berharap pembaca tidak malas untuk terus menggali ilmu baik yang sudah maupun belum kita pelajari. Karena tidak ada salahnya kita terus mendalami ilmu pelajaran meskipun itu bukan ada di bidang / keahlian kita. Semoga artikel ini memberikan manfaat banyak bagi para pembaca.

Related Posts