Manfaat Buah-buahan dan Sayuran bagi Kesehatan

 Kesehatan

Tak bisa dipungkiri bahwa buah dan sayur memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari sangat dianjurkan agar tubuh mendapatkan nutrisi dan vitamin yang cukup untuk beraktivitas seharian. Buah dan sayur juga mampu memberikan manfaat lebih bagi kesehatan tubuh, bahkan juga bisa menangkal berbagai jenis penyakit. Manfaat buah-buahan dan sayuran bagi kesehatan sudah terbukti di banyak penelitian dan riset ahli. Setiap buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi dan khasiat yang berbeda, itu sebabnya kita harus mengonsumsi beragam sayur dan buah agar semua kebutuhan nutrisi tubuh bisa tercukupi dengan sangat baik.

Manfaat buah-buahan dan sayuran bagi kesehatan. Makanan yang kita konsumsi setiap hari haruslah bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin seharian agar tubuh bisa beraktivitas dengan maksimal dan terbebsa dari segala macam penyakit. Tuhan telah menyediakan semua sumber nutrisi dan vitamin tersebut di alam semesta ini. Dari tumbuhan, bisa diambil beberapa bagiannya untuk diolah menjadi sayuran. Dari tumbuhan tersebut pula bisa diambil buahnya untuk dikonsumsi sebagai makanan pelengkap dan pencuci mulut. Semua hasil alam itu memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Sudah sepatutnyalah kita mengetahui apa saja kandungannya agar kita bisa lebih menghargai dan mensyukuri nikmat yang dianugerahkan Tuhan tersebut. Sayur dan buah mengandung banyak vitamin, mulai dari vitamin A, B kompleks, C, E, K, serta beragam nutrisi dan mineral lainnya seperti serat, karbohidrat, magnesium, dan sebagainya.

5

Seluruh kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat di dalam sayur dan buah tersebut tidak bisa didapatkan dari suplemen manapun. Sifat alami yang dimilikinya tidak bisa digantikan dengan obat-obatan kimiawi. Karena sifat alami tersebut, manfaat buah-buahan dan sayuran bagi kesehatan semakin meyakinkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat yang dimaksud.

  • Melindungi dari alergi bila mengonsumsi buah yang memiliki kandungan antihistamine, seperti makan apel beserta kulitnya.
  • Menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi bila mengonsumsi buah dan sayur yang kaya potassium seperti pisang, kentang, wortel, bit, dan lainnya.
  • Mencegah penyakit usia, terutama saat usia senja, bila mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung antioksidan dan flavonoid seperti stroberi, kubis merah, terong, blueberry, dan lainnya.
  • Meningkatkan sistem imun dengan mengonsumsi buah dan sayur kaya vitamin C seperti jeruk, kiwi, jambi, dan lainnya.
  • Menurunkan kadar kolesterol di dalam darah dengan mengonsumsi sayur dan buah kaya serat seperti bayam, pear, labu, dan lain-lain.
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi bila mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung kalsium seperti kale, lobak, dan bayam.
  • Menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi buah dan sayur kaya vitamin A, seperti wortel, alpukat, brokoli, kiwi, mangga, kangkung, dan lain-lain.
  • Meningkatkan aliran oksigen ke seluruh jaringan tubuh dan bermanfaat bagi pembentukan sel darah merah dengan mengonsumsi buah dan sayur kaya vitamin B12, seperti apel, manggis, bayam, jamur, dan kacang panjang.
  • Mengontrol detak jantung, tekanan darah, dan fungsi otak dengan mengonsumsi buah dan sayur kaya potassium seperti jeruk, pisang, tomat, kentang, dan buncis.

Related Posts