Manfaat Buah Kurma Muda untuk Ibu Hamil

 Kesehatan

Buah kurma adalah buah yang sangat identik dengan tanah Mekkah, ibadah haji, atau bulan Ramadhan. Bagaimana tidak? Kurma memang selalu populer pada momen-momen tersebut, meski setiap waktu sebenarnya buah ini selalu ada. Walaupun di Indonesia pohon buah ini jarang sekali ditemui, pasokan buah kurma tidak pernah kosong. Hampir setiap tahun buah kurma menjadi primadona bagi masyarakat, khususnya masyarakat muslim. Buah kurma memang dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, terutama buah kurma muda. Manfaat buah kurma muda untuk ibu hamil adalah hal yang paling banyak diketahui oleh masyarakat. Dengan mengonsumsi kurma muda, ibu hamil dipercaya akan mendapatkan banyak manfaat dan kesehatan prima selama hamil dan menjalani proses persalinan.

Buah kurma muda adalah buah kurma yang asli dari pohonnya, belum mengalami proses fermentasi seperti yang biasa dijual di pasaran. Buah kurma muda memiliki rasa alami yang tidak terlalu manis agak asam dan agak sepat, daging buahnya lebih renyah dan berair. Ada banyak jenis kurma, tetapi yang popular hanya sekitar 38 jenis, dan yang masuk ke pasar Indonesia ada sekitar 16 jenis kurma. Buah kurma ini memang sangat baik bagi ibu hamil, terutama buah kurma yang masih muda. Mengapa kurma yang masih muda? Karena buah kurma muda memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang masih alami dan belum tercampur bahan-bahan lainnya.

4

Buah kurma memiliki nama Latin Phoenix Dactylifera merupakan salah satu buah yang sangat disukai oleh Rasulullah SAW. Salah satu penyebabnya adalah karena kurma sangat menyehatkan. Manfaat buah kurma muda untuk ibu hamil adalah memperlancar proses persalinan dan membantu mengecilkan perut setelah melahirkan. Manfaat lainnya yang bisa didapatkan oleh ibu hamil karena mengonsumsi kurma secara rutin adalah sebagai berikut.

  • Menyuburkan dan menyehatkan kandungan
  • Sangat baik bagi kesehatan ibu dan janin karena tidak mengandung kolesterol.
  • Memperlancar produksi ASI karena kandungan zat besi dan kalsium yang tinggi.
  • Memulihkan tenaga setelah proses persalinan karena kandungan protein, serat, dan glukosa.
  • Mengecilkan pembuluh darah rahim sehingga rahim dapat mengecil kembali seusai persalinan dan mencegah pendarahan rahim karena kandungan potuchsin.
  • Memperlancar pencernaan dan buang air besar karena kandungan vitamin A, tiamin, riboflavin, niasin, kalium, dan serat.

Di masyarakat Timur Tengah, buah kurma muda dikenal memiliki khasiat untuk meningkatkan kesuburan. Selain itu, buah kurma juga dipecaya mengandung hromon yang mirip Oksitosin yang berfungsi untuk merangsang kontraksi otot yang dapat membantu proses persalinan. Hormon tersebut akan menyatu dengan reseptornya untuk memulai kontraksi otot yang teratur dan bertahap. Hormon oksitosin dialirkan melalui darah menuju pay*u*dara sehingga merangsang otot-otot yang mengelilingi produsen ASi untuk berkontraksi sehingga ASI bisa diproduksi.

Dengan beragam manfaat buah kurma muda untuk ibu hamil di atas, kita bisa mengetahui bahwa kurma bisa dikonsumsi dan memberikan manfaat meskpun masih dalam keadaan muda. Buah kurma muda memiliki rasa yang lebih fresh dan menyegarkan dibandingkan buah kurma yang sudah tua. Khasiatnya pun tidak kalah dengan buah kurma yang sudah masak. Jadi, Anda tertarik untuk mengonsumsi buah kurma muda? Anda patut mencobanya.

Related Posts