Pengertian dan Fungsi Konsumsi

 Pengetahuan

Apa yang ada dipikiiran anda ketika anda dihadapkan dengan kata konsumsi? Pahamkah anda dengan pengertian dan fungsi konsumsi? Dalam kamus lengkap bahasa Indonesia, Konsumsi diartikan dengan pemakaian suatu barang dari hasil produksi. Membahas konsumsi berarti kita menyinggung sedikit ilmu matematika. Anda jangan malas dulu untuk kembali bermain angka. Penulis tidak mengajak anda untuk kembali mengasah pengetahuan tentang ilmu matematika, karena itu bisa anda pelajari sendiri. Penulis hanya akan mengajak anda untuk sedikit membahas tentang pengertian dan fungsi konsumsi. Karena mungkin ilmu ini suatu saat nanti akan sangat berarti untuk kehidupan anda.

Artikel kali ini dibuat dengan judul pengertian dan fungsi konsumsi. Dalam ilmu ekonomi konsumsi diartikan dengan tindakan pelaku ekonomi baik perorangan maupun kelompok untuk menggunakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari – hari. Membahas konsumsi, dalam kehidupan sehari – hari konsumsi dikaitkan dengan dua hal, yaitu konsumsi rumah tangga dan pendapatan perekonomian suatu negara. Maksudnya adalah dengan konsumsi rumah tangga, akan meningkatkan pendapatan suatu negara. Untuk menghitung hubungan antar konsumsi, diperlukan suatu fungsi konsumsi. Dalam suatu fungsi konsumsi dibuat grafik konsumsi yang akan memperlihatkan hubungan antara satu dengan yang lainnya. Saat membuat fungsi konsumsi kita juga harus mengenal tingkat pendapatan BEP (Break Event Point). Titik BEP merupakan titik dimana besarnya pendapatan sama dengan pengeluaran untuk konsumsi. Mempelajari fungsi konsumsi berhubungan dengan sistem yang akan dibuat saat seseorang hendak mendirikan sebuah pabrik. Saat seseorang berniat mendirikan sebuah pabrik, haruslah dipahami tentang analissa ekonomi yang akan  dijadikan rencana pembangunan pabrik tersebut. Tanpa memperhatikan hal tersebut, tentu saja akan menimbulkan masalah – masaalah yang tidak diinginkan di kehidupan mendatang. Masalah – masalah tersebut diantara nya : terjadinya ketidakseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran, dan jika hal ini terjadi dapat dipastikan pabrik tersebut akan mengalami kebangkrutan.

Oleh karena itu, ilmu tentang pengertian dan fungsi konsumsi bukanlah ilmu yang hanya bisa dibaca lalu di lewati begitu saja. Siapa tahu suatu saat nanti anda atau bahkan saya hendak menjadi seorang pendiri pabrik, jika memang begitu, dari sekarang anda kita sudah harus mempelajari ilmu – ilmu dasar seperti ini. Jika tidak, gambaran kehancuran yang akan terjadi sudah penulis jabarkan di alenia sebelumnya.

Penulis rasa pembahasan artikel dengan judul pengertian dan fungsi konsumsi kali ini cukup. Semoga pembahasan kali ini menambah ilmu pengetahuan dan wawasan untuk anda yang membacanya. Penulis juga berharap pembahasan kali ini memberikan kata – kata baru yang membuat pembaca penasaran, sehingga anda akan terus mencari dan mencari ilmu tersebut demi menghilangkan rasa penasaran anda. Teruslah membaca, mencari ilmu alam yang tidak ada batasnya, jangan batasi diri kita untuk mencari ilmu tersebut! Karena ilmu apapun yang kita kuasai jika digunakan dengan baik, akan memberikan manfaat yang baik juga di kehidupan kita mendatang. Sekali lagi penulis ingatkan, jika anda berniat menjadi seorang pendiri pabrik dengan sistematika kerja yang baik di masa depan nantinya, mulailah mempelajari ilmu – ilmu dasar seperti pengertian dan fungsi konsumsi.

Related Posts