Manfaat dan Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia

 Pengetahuan

Gemarkah anda mengkonsumsi berbagai makanan laut? Seperti ikan dan sejenis nya? Atau, apakah anda pencinta susu? Bagaimana dengan tempe dan tahu makanan yang tidak asing lagi bagi kehidupan sehari hari anda bukan? Jika jawabannya yaa,anda termasuk orang yang beruntung karena makanan dan minumam yang saya sebutkan sebelumnya mengandung protein baik bagi tubuh manusia. Apa itu protein? Apa manfaat dan fungsi protein bagi tubuh manusia?

Sebelum membahas tentang manfaat dan fingsi protein kita bahas dulu pengertian dasar protein. Kata protein sering dikait-kaitkan dengan asam amino,hal ini dikarenakan asam amino merupakan bagian bagian dari penyusun protein yang satu sama lain digabungkan dengan polimer sehingga membentuk ikatan peptida. Penggabungan ini membentuk karbon (C), hydrogen (H), oksigen (O), nitrogen (N), dan terkadang mengandung sulfur juga fosfor. Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, banyak kemungkinan yang akan terjadi apabila seseorang kekurangan protein dalam tubuh diantara nya adalah kerontokan rambut yang mengakibatkan kebotakan. Terbayangkah anda bila rambut di kepala anda sedikit dmia sedikit mulai berjatuhan dan menyebabkan anda kehilangkan rambut alias BOTAK? Sudah pasti kita risih apabila mengalami kerontokan rambut. Khususnya bagi kaum hawa, rambut adalah mahkota terpenting. Efek panjang dari kekurangan protein dapat menyebabkan kematian. Penjabaran tentang protein diharapkan meningkatkan semangat kita untuk mulai menjaga makanan dan memberikan asupan makanan yang baik bagi tubuh agar kita memiliki tubuh yang sehat dan kuat di masa tua kita nanti. Agar pembaca lebih paham tentang Manfaat dan fungsi protein bagi tubuh manusia mari kita lanjutkan pembacaan artikel ini.

22

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein memberikan energy tambahan dalam tubuh sehingga kita lebih semangat menjalankan aktifitas sehari-hari. Energy ini berasal dari cadangan makanan yang tersimpan dalam tubuh karena protein dalam tubuh dapat berperan sebagai cadangan makanan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein juga memberikan antibody sehingga kita lebih kuat menangkal penyakit yang masuk dalam tubuh kita dan tidak mudah sakit. Dalam ilmu biologi manfaat dan fungsi protein tak lepas dari kata reaksi biologis. Protein mempercepat reaksi biologis dalam tubuh yang dibantu dengan senyawa makromolekul seperti enzim. Protein dibutuhkan untuk anak untuk membantu proses pertumbuhan. Inilah salah satu alasan mengapa anak-anak diharuskan minum susu setiap harinya. Cukup jelaskah penjelasan fungsi dan manfaat protein bagi tubuh manusia dalam pembahasan kali ini?

Tidak cukup sampai di sini, artikel fungsi dan manfaat protein bagi tubuh manusia juga akan mempermudah anda dalam menemukan sumber protein tinggi di kehidupan sehari-hari anda. Ikan, susu, telur, dan tumbuhan berbiji kacang terkenal dengan kandungan protein yang baik apabila dikonsumsi dalam tubuh. Penelitian mengatakan mengkonsumsi susu kedelai lebih baik daripada susu sapi, hal ini dikarenakan susu kedelai memiliki kandungan protein yang lebih tinggi daripada susu sapi dan kandungan lemak yang lebih sedikit daripada susu sapi. Protein tinggi juga dapat diperoleh dari konsumsi kratin. Kreatin banyak diperoleh dari konsumsi makanan daging. Keratin biasanya digunakan para atlit olahraga dikarenakan memberikan energy yang cukup besar tiap hari nya. Hal ini berhubungan dengan fungsi dan manfaat protein yang telah dijelaskan sebelumnya.

Related Posts