Pengertian Kehamilan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Fase kehamilan dalam kehidupan wanita merupakan sebuah fase yang sangat menggembirakan. Mendapatkan buah hati menjadi idaman banyak pasangan suami istri. Sebagai salah satu hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, kehamilan menjadi bahan penelitian yang tiada hentinya. Banyak para ahli yang terus melakukan pengamatan dan kajian mengenai hal ini, apalagi akhir-akhir ini banyak kasus kehamilan tidak biasa yang terjadi. Hal tersebut juga memunculkan banyak pengertian kehamilan menurut para ahli. Meski kehamilan bukan lagi hal asing dalam suatu kehidupan, namun tak sedikit pula orang yang masih belum memahami ketika ditanya pengertian kehamilan. Kebanyakan orang akan menjawab kehamilan adalah saat wanita mengandung bayi. Padahal pengertiannya bisa lebih luas dari itu.

Kehamilan adalah suatu kondisi dimana seseorang wanita mempunyai janin yang sedang dan akan terus tumbuh di dalam rahimnya selama kurang lebih 40 minggu atau 280 hari. Pengertian lain dari segi ilmu Bilogi menyebutkan bahwa kehamilan merupakan suatu proses dimana sperma menembus ovum sehingga terjadi konsepsi dan fertilasi sampai lahirnya janin dengan lama hamil normal sekitar 40 minggu atau 280 hari dihitung dari hari pertama haid terakhir. Kehamilan bisa terjadi pada wanita yang telah mengalami masa menstruasi dan melakukan hubungan se*ks*ual dalam keadaan masa subur.

3

Selain pengertian kehamilan secara umum di atas, ada beberapa penegasan pengertian kehamilan menurut para ahli yang juga perlu untuk dipelajari. Seperti keterangan di atas yang menyebutkan bahwa banyak definisi dari para pakar karena penelitian mengenai kehamilan masih tersu berkembang. Berikut ini definisi-definisi tersebut.

  • Menurut Kushartanti, kehamilan adalah dikandungnya janin dari hasil pembuahan sel telur oleh sel sperma.
  • Menurut BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), kehamilan adalah proses yang diawali dengan keluarnya sel telu matang pada saluran telur yang kemudian bertemu dengan sperma, keduanya menyatu membentuk sel yang akan tumbuh.
  • Menurut Hanifa, mas kehamilan pada wanita hamil dimulai dan konsepsi sampai lahirnya janin, lamanya kehamilan normal 280 hari dihitung dari hari pertama haid terakhir.
  • Menurut Guyton, kehamilan adalah suatu rangkaian peristiwa yang baru terjadi bila ovum dibuahi dan pembuahan tersebut berkembang sampai menjadi fetus yang aterm.

Saat menjalani masa kehamilan, wanita akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya. Perubahan-perubahan tersebut yang sering terjadi adalah perubahan kulit, perubahan pada kelenjar, perubahan pada buah dada, perubahan perut, perubahan alat kela*m*in luar, perubahan pada tungkai, dan sikap saat memasuki kehamilan tua. Semua perubahan tersebut tidak langsung terjadi secara bersamaan, biasanya bertahap dan setiap wanita hamil berbeda-beda rasanya. Tak perlu panik bila mengalami semua itu karena merupakan hal wajar selama masih dlam tahap normal. Jika sudah terlalu berlebihan segera periksakan kesehatan ibu dan janin ke dokter spesialis kandungan. Jelas sekali termuat dalam pengertian kehamilan menurut para ahli bahwa selama masa hamil wanita akan mengalami banyak perubahan dalam dirinya, baik secara fisik maupun psikis. Tak perlu terlalu takut dengan perubahan tersebut karena nantinya akan kembali normal saat bayi telah lahir.

Related Posts