Pengertian Mitos Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Di dalam ilmu kesusasteraaan terdapat sebuah cerita yang dinamakan dengan mitos. Tahukah Anda apa itu mitos? Apakah Anda berpikiran bahwa mitos selalu berhubungan dengan hal-hal yang berbau gaib dan seram? Untuk mengetahui hal tersebut, tidak ada salahnya bila kita mempelajari mengenai mitos secara lebih mendalam, termasuk dengan memahami pengertian mitos menurut para ahli. Tak sedikit orang yang salah kaprah tentang pengertian mitos. Mitos dianggap sebagai sesuatu yang berhawa seram dan merujuk pada hal-hal tak kasat mata. Namun kenyataannya, pengertian mitos tidak sesempit dan semenakutkan itu.

Mitos berasal dari bahasa Yunani mythos dan bahasa Belanda mite yang bermakna cerita atau perkataan. Orang pertama yang memperkenalkan istilah mitos adalah Plato. Mitos merupakan cerita masa lampau atau tradisional yang berisi mengenai kehidupan dewa-dewa  dan peristiwa gaib yang dianggap benar-benar terjadi oleh penganutnya. Mitos juga bisa diartikan sebagai suatu prosa berupa cerita rakyat yang menceritakan kisah masa lampau, mengandung penafsiran mengenai alam semesta dan makhluk-makhluk di dalamnya, dianggap benar-benar terjadi oleh pemilik cerita atau oleh para penganutnya. Kedua pengertian di atas merujuk pada satu hal bahwa mitos merupakan cerita tradisional yang dianggap benar-benar terjadi sehingga kebenarannya masih belum bisa dibuktikan. Itu sebabnya bila ada sesuatu yang masih dianggap belum nyata disebut dengan mitos oleh sebagian orang, terlepas dari hal tersebut berupa cerita atau hanya fenomena saja.

2

Mengupas mengenai definisi mitos memang tidak akan pernah ada habisnya karena mitos selalu menarik untuk dibicarakan. Sebagai salah satu jenis kesusasteraan lampau, mitos memang memiliki banyak penggemar karena selain menghibur juga bisa dipakai untuk mempelajari budaya di masa lalu. Untuk lebih memahami mengenai mitos, berikut ini ada beberapa ulasan mengenai pengertian mitos menurut para ahli.

  • Menurut Ahimsa-Putra, mitos adalah cerita yang “aneh” dan seringkali sulit dipahami maknanya atau diterima kebenarannya karena kisah di dalamnya “tidak masuk akal” .
  • Menurut Webster’s Dictionary, mitos adalah suatu perumpamaan yang merupakan khayalan dan tak dapat dibuktikan kebenarannya.
  • Menurut Cremers, mitos adalah cerita suci berbentuk simbolik yang menceritakan serangkaian peristiwa nyata dan imajiner mengenai asal-usul dan perubahan-perubahan alam raya, dewa-dewi, kekuatan-kekuatan atas kodrati manusia, pahlawan, dan masyarakat.
  • Menurut William A. Haviland, mitos adalah cerita mengenai peristiw semihistoris yang menerangkan masalah akhir kehidupan manusia.
  • Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), mitos adalah suatu cerita mengenai asal-usul semesta alam, manusia, dan bangsa itu sendiri.
  • Menurut Levi-Strauss, mitos adalah suatu cerita dari tradisi lisan yang menceritakan dewa-dewi, manusia pertama, binatang, dan sebagainya berdasarkan suatu skema logis yang terdapat di dalam mitos itu sendiri dan yang memungkinkan kita mengintegrasikan semua masalah yang perlu diselesaikan dalam suatu konstruksi sistematis.

Secara tersirat dalam pengertian mitos menurut para ahli di atas dapat diketahui bahwa mitos merupakan salah satu jenis dongeng. Mitos masih belum bisa dibuktikan kebenarannya dan kebanyak berisi hal-hal yang tidak masuk akal. Namun, bukan berarti semua hal yang ada di dalam mitos tidak benar. Ada bagian-bagian yang memang pernah terjadi dalam kehidupan nyata, tetapi dikemas dengan cerita yang biasanya sedikit dilebih-lebihkan agar menjadi semakin menarik.

Related Posts