Pengertian Hormon Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Pengertian Hormon Menurut Para Ahli adalah – Pembelajaran mengenai pengertian hormon menurut para ahli tidak akan berjalan dengan lancar bila seseorang belum memahami konsep dasar dari hormon. Istilah hormon bukanlah istilah yang asing di telinga kita. Bahkan, beberapa dari jenis hormon telah kita kenal dan sering diperbincangkan, seperti hormon esterogen dan hormon testosterone. Dengan bekal seperti itu, mempelajari mengenai hormon akan menjadi lebih mudah dan cepat. Namun, bagi Anda yang belum mengenal mengenai hormon sama sekali bisa mempelajarinya dari pengertian hormon yang paling sederhana. Bisa juga dimulai dari asal istilah hormon itu muncul.

Istilah hormon berasal dari bahasa Yunani hormein yang memiliki makna memacu atau menggalakkan. Masih dalam bahasa yang sama, yakni Yunani, hormon berasal dari kata hormao yang bermakna menggairahkan atau membangkitkan. Dari dua asal istilah tersebut, secara sederhana kita bisa mengetahui bahwa hormon selalu berkaitan dengan hal-hal yang menentukan keinginan, kebutuhan, dan aktivitas sehari-hari dari suatu organisme. Di dalam kamus kesehatan, hormon diartikan sebagai senyawa yang dihasilkan oleh organ tubuh tertentu yang bekerja memacu fungsi organ tubuh sehingga bisa menghasilkan sesuatu pula. Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), hormon adalah zat yang dibentuk oleh bagian tubuh tertentu dalam jumlah kecil dan dibawa ke jaringan tubuh lainnya serta memiliki pengaruh yang khas, yakni merangsang dan menggiatkan kerja organ-organ tubuh. Jadi, bisa disimpulkan secara sederhana bahwa hormon adalah suatu zat kimia yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin atau kelenjar buntu dan dibawa darah seluruh tubuh untuk menghasilkan efek fungsional bagi tubuh tersebut.

7

Berdasarkan pengertian hormon menurut para ahli di atas bisa diketahui bahwa hormon beredar secara bebas di dalam darah dan nantinya akan dikenali oleh sel target tertentu. Sel target inilah yang akan mengambil hormon yang dibutuhkan karena sel target mempunyai reseptor yang hanya dapat diaktifkan dengan jenis-jenis hormon tertentu. Setelah aktif, sel tersebut akan mengetahui fungsi dan kinerja organ tubuhnya. Jenis hormon sendiri ada berbagai macam, bisa diklasifikasikan berdasarkan situs dan juga berdasarkan kimiawinya. Hormon berdasarkan situsnya, yakni hormon endokrin (disekresikan oleh kelenjar endokrin), hormon parakrin (bertindak pada sel-sel tetangga lokal), dan hormon autokrin (bertindak pada sel yang memproduksinya). Hormon berdasarkan kimiawinya dibagi menjadi hormon yang larut lemak (hormon steroid, hormon tiroid, dan nitrat oksida) serta hormon yang larut air (hormon amina, hormon peptida, dan hormon eikosanoid).

Sebagai salah satu zat kimia yang penting di dalam tubuh suatu organisme, hormon memiliki berbagai fungsi. Fungsi utama hormon telah dijabarkan di atas dalam pengertian hormon menurut para ahli. Berikut ini adalah  beberapa fungsi hormon lainnya yang perlu pula untuk dipelajari lebih lanjut.

  1. Untuk mempertahankan keseimbangan keadaan tubuh dengan lingkungan di sekitarnya.
  2. Untuk mengontrol pertumbuhan tubuh organisme.
  3. Untuk mengintegrasikan dan mengoordinasikan kegiatan antara sistem hormon dan saraf di dalam tubuh.
  4. Untuk mengatur reproduksi, berupa perkembangan sifat kela*m*in sekunder pada laki-laki dan perempuan.

Related Posts