Manfaat Buah Bit bagi Kehidupan

 Kesehatan

Anda pernah mendengar mengenai buah bit? Buah bit memang bukan buah terkenal di Indonesia. Keberadaannya pun mungkin hanya ada di supermarket-supermarket terlengkap saja, itu pun dengan harga yang relatif mahal. Harganya yang mahal memang setara dengan manfaat buah bit bagi kehidupan dan kesehatan. Bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional. Selain dikonsumsi sebagai buah, buah bit juga bisa diolah dan dimasak menjadi sayuran yang lezat dan bergizi. Buah bit berasal dari Mesopotania yang selanjutnya semakin menyebar ke berbagai negara di Asia dan Eropa. Selain dimasak sebagau sayuran, buah bit juga bisa dijus menjadi minuman yang menyegarkan, direbus untuk bahan campuran salad, dihaluskan untuk sup, dan lain-lain.

Manfaat buah bit bagi kehidupan. Buah bit merupakan buah yang dikonsumsi dari umbinya. Bentuknya bulat seperti kentang dengan warna merah tua atau ungu tua. Warna yang sangat mencolok biasanya dijadikan salah satu alternatif pewarna makanan oleh beberapa juru masak. Daun buah bit juga bisa dimasak sebagai sayuran. Di dalam buah bit terkandung karbohidrat dalam bentuk gula alami dengan sedikit protein dan lemak. Kandungan lainnya adalah sodium, betasianin, folat, potassium, fosfor, caumari, kalsium, magnesium, triptofan, sulfur, klorin, iodine, zat besi, copper, vitamin B1, B2, C, dan P. Berbagai macam kandungan itulah yang membuat buah bit kaya akan manfaat bagi kesehatan. Dalam hal rasa, buah bit meiliki rasa yang sangat khas.

9

Adapun manfaat buah bit bagi kehidupan dan kesehatan sudah bukan merupakan rahasia lagi. Meski buah ini jarang ditemui di Indonesia, tetapi khasiatnya telah lama diketahu oleh banyak ahli dan telah dirasakan oleh masyarakat. Berikut ini adalah manfaat dan khasiat yang dimaksud.

  • Menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, terutama bagi ibu hamil yang biasanya memiliki masalah pada berat badan.
  • Menjaga sistem imunitas, terutama bagi ibu hamil karena kaya akan antioksidan dan vitamin C yang tinggi.
  • Mencegah penyakit anemia atau kurang darah karena buah bit kaya akan zat besi yang mampu memperbaiki hemoglobin dan menyuplai oksigen yang sangat bermanfaat bagi hemoglobin tersebut.
  • Mengatasi depresi karena mengandung senyawa betaine dan tryptophan yang mampu membuat Anda untuk berpikir dalam keadaan nyaman.
  • Melancarkan sistem pencernaan karena kandungan serat yang mampu melarutkan makanan di dalam usus dan mengeluarkan racun dari dalam usus.
  • Menyehatkan ginjal dan kantung empedu dengan cara mengeluarkan rasun dari ginjal dan kantung empedu sehingga besih dari penyakit.
  • Menjagat stamina tubuh karena kandungan nitratnya mampu menghindarkan Anda dari rasa lela. Letih, dan lesu yang berlebihan.
  • Mencegah timbulnya sel kanker di dalam tubuh karena vitamin C di dalam buah bit berfungsi sebagai antioksidan.
  • Meningkatkan kecerdasan otak, terutama pada bayi karena kandungan folat di dalamnya.
  • Menyehatkan jantung karena kandungan kalium di dalamnya mampu mengurangi homosistein, yakni zat berbahaya bagi kesehatan jantung.
  • Menstabilkan asam lambung sehingga cocok untuk Anda yang sedang diet sehat.
  • Mengatasi ketombe dengan cara mencampur bit rebus dengan cuka lalu dioleskan ke kulit kepala sambil dipijat, lalu dibilas sampai bersih.

Related Posts