Manfaat Jus Jambu Air bagi Kesehatan

 Kesehatan

Jambu air masih satu kerabat dengan jenis jambu-jambuan yang lain, seperti jambu biji dan jambu monyet. Jambu air juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang tidak kalah dengan jenis jambu lainnya. Jambu air merupakan angggota dari kerabat Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air bisa dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau diolah menjadi jus. Manfaat jus jambu air bagi kesehatan khasiatnya bisa disamakan dengan jambu biji atau jambu monyet, malah bukan tidak mungkin jambu air memiliki khasiat yang lebih beragam. Sesuai dengan namanya, jambu air memiliki banyak kandungan air di dalamnya. Oleh karena itu, jambu air sering dikonsumsi untuk menghilangkan rasa dahaga dan membuat tubuh menjadi fresh kembali.

Jus jambu air memiliki banyak penggemar karena rasanya yang segar dan nikmat. Meski buah jambu air terkadang berasa asam, itu tak mengurangi khasiat dan manfaat yang terkandung di dalamnya, bahkan penikmatnya semakin bertambah banyak. Selain air, di dalam jambu air juga terkandung banyak senyawa dan zat-zat lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan, yakni vitamin A, vitamin C, dan serat. Di samping buahnya, daun jambu air juga mengandung zat tannin yang sangat bermanfaat untuk pengobatan penyakit diare dan demam.

8

Apa lagi manfaat dari kandungan zat-zat yang ada di dalam jambu air? Manfaat jus jambu air bagi kesehatan dan tubuh bisa didapat dari berbagai macam kandungan zat-zat tersebut. Berikut ini adalah paparan manfaat dan khasiat dari jus jambu air.

  • Bagus dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan vitamin A yang sangat melimpah.
  • Meningkatkan kesuburan bagi pria karena kandungan vitamin C yang mampu menjaga sel-sel sperma.
  • Melancarkan sistem pencernaan karena kandungan air dan serat yang sangat banyak.
  • Merangsang pembuangan air seni atau siuretic sehingga baik bagi kesehatan kandung kemih.
  • Menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C sehingga tubuh lebih kebal dari serangan penyakit dan membuat tubuh semakin bugar.
  • Mencegah dehidrasi karena kandungan air yang mencapai 93% sehingga sangat bagus untuk kesehatan ginjal dan pencernaan.
  • Menjaga kesehatan mata karena kandungan vitamin A. Bila Anda merasa mata lelah dan capek akibat aktivitas yang padat, konsumsilah jambu air untuk mengembalikan kesehatan mata.

Manfaat jus jambu air bagi kesehatan juga bisa didapat karena kandungan senyawa lainnya, seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga, mangan, protein, asam sitrat, dan asam sulfuric. Beragam zat-zat tersebut saling memberikan kontribusi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh serta mengobati berbagai macam penyakit yang menyerang. Tak hanya buah jambu air, daun jambu air juga memiliki khasiat yang tidak kalah dengan buahnya. Daun jambu air bisa diolah menjadi obat sakit demam atau panas. Cukup remas daun jambu air lalu campurkan dengan air hangat, celupkan handuk ke dalam rendaman air lalu tempelkan handuk tersebut pada dahi untuk menyerap panas tubuh yang berlebihan.

Related Posts