Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

    Di era modern saat ini hampir semua umat manusia terbantu dengan adanya teknologi  yang semakin canggih dalam menjalani kehidupan mereka sehari mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Teknologi tersebut berupa alat-alat  yang bisa menggantikan cara primitive yang menyusahkan , sehingga mereka lambat laun meninggalkan cara hidup primitif  tersebut. Banyak product yang tercipta dari adanya teknologi sebut saja ada alat telekomunikasi yang dulu pakai surat sekarang bisa pakai heandphone, kendaraan bermotor bahkan ada yang elektrik, dari dapur ada kompor gas yang dulu masih pakai kayu bakar  dan masih banyak lagi. Bagaimana seandainya di jaman modern seperti saat ini kalian masih menggunakan alat dan hidup secara primitive? Pasti sangat menyusahkan dan merepotkan. Oleh karena itu teknologi sangat berguna bagi kelangsungan hidup makhluk di atas bumi ini. Sebetulnya apa sebenarnya arti dari istilah teknologi itu sendiri. Mari kita simak artikel ini mengenai beberapa pengertian teknologi menurut para ahli.

sebelum beranjak ke pengertian teknologi menurut para ahli marilah kita bahas terlebih dahulu sejarah dari istilah teknologi  itu sendiri. Menurut Wikipedia, istilah teknologi dalam bahasa Inggris sebenarnya belum dikenal seperti saat ini pada sebelum abad ke-20. Jaman dahulu teknologi merujuk pada penggambaran atau pengkajian seni terapan dan biasanya dihubung-hubungkan dengan pendidikan teknik. Populernya istilah teknologi mulai terjadi pada abad ke-20 saat terjadinya Revolusi Industri Kedua yang dipelopori oleh Negara Perancis. Pada permulaanabad ke-20 istilah teknologi berubah ketika para ilmuan asal Amerika menterjemahkan gagasan-gagasan dari konsep Jerman yaitu teknik menjadi teknologi dan akhirnya istilah keduanya dapat di artikan teknologi.

8

Pada tahun 1930 an, istilah teknologi tidak hanya digunakan untuk merujuk pada pengkajian seni-seni industri tetapi juga pada seni industry itu sendiri. Akhirnya Bain mengajukan definisi istilah teknologi yang masih lazim dipakai pada saat ini yaitu teknologi meliputi semua alat, mesin, aparat, perkakas, senjata, perumahan, pakaian, peranti pengangkut/pemindah dan pengomunikasi, dan keterampilan yang memungkinkan kita menghasilkan semua itu.

Di bawah ini ada beberapa pengertian teknologi menurut para ahli lainnya yang bisa menjadi rujukan definisi teknologi yang sesungguhnya. Pengertiannya sebagai berikut:

  1. Djoyohadikusumo (1994, 222), teknologi berkaitan erat dengan dunia sains (science) dan perekayasaan (engineering). Dengan demikian  teknologi mengandung dua dimensi, yaitu science dan engineering yang saling berkaitan satu sama lainnya. Sains merujuk pada pemahaman kita tentang dunia nyata sekitar kita, artinya mengenai ciri-ciri dasar pada dimensi ruang, tentang materi dan energi dalam interaksinya satu terhadap lainnya.
  2. Miarso (2007 : 62) teknologi adalah proses yang meningkatkan nilai tambah, proses tersebut menggunakan atau menghasilkan suatu produk , produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada, dan karena itu menjadi bagian integral dari suatu sistem.
  3. Mardikanto (1993), teknologi adalah suatu perilaku produk, informasi dan praktek-praktek baru yang belum banyak diketahui, diterima dan digunakan atau diterapkan oleh sebagian warga masyarakat dalam suatu lokasi tertentu dalam rangka mendorong terjadinya perubahan individu dan atau seluruh warga masyarakat yang bersangkutan.

Berdasarkan beberapa pengertian teknologi menurut para ahli kita bisa menarik kesimpulan bahwasanya teknologi sangat berguna bagi kehidupan manusia sekarang hingga yang akan dating.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian belajar , pengertian administrasi , pengertian sistem informasi , pengertian teknologi , pengertian bahasa , pengertian html , pengertian database , pengertian masyarakat  , pengertian lingkungan

Related Posts