Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Lingkungan merupakan sebuah kata yang sangat familiar di telinga kita. Dalam kehidupan sehari-hari, kata “lingkungan” sangat sering diucap dan didengarkan. Kata tersebut begitu akrab di telinga kita. Namun, tahukah anda apakah sebenarnya definisi atau pengertian dari kata “lingkungan” itu sendiri? Biasanya, kata lingkungan secara sederhana digunakan untuk menyatakan sesuatu yang ada di sekitar makhluk hidup. Baik itu berupa orang, alam, ataupun sebuah keadaan sosial. Lalu, bagaimana kata lingkungan dijelaskan secara ilmiah? Bagaimanakah sebenarnya pengertian lingkungan menurut para ahli? Berikut ini adalah pengertian lingkungan menurut para ahli yang kami paparkan untuk anda.

Menurut Darsono (1992) lingkungan merupakan semua benda atau kondisi di mana manusia dan aktivitasnya termasuk di dalamnya, yang terdapat di dalam ruang di mana manusia tersebut mempengaruhi kelangsungan hidupnya. Jadi, semua hal termasuk manusia merupakan lingkungan dan perubahan di antara keduanya akan saling mempegaruhi satu sama lain.

5

Pengertian lingkungan menurut para ahli berikutnya adalah pengertian yang dibawa oleh Prof. Dr. Ir. Otto Soemarwoto. Beliau mendefinisikan lingkungan sebagai jumlah semua benda dan kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati yang mempengaruhi kehidupaan kita. Tidak jauh berbeda dengan Darsono, Prof. Dr. Ir. Otto Soemarwoto juga menyatakan bahwa manusia dan lingkungan akan saling mempengaruhi.

Sedikit berbeda dengan kedua ahli di atas, Joni Purba menekankan pengertian lingkungan pada wilayah yang merupakan yang merupakan tempat berlangsungnya berbagai macam interaksi sosial antara berbagai macam kelompok sosial beserta pranatanya.

Pengertian lingkungan menurut para ahli di atas memang tidak begitu menimbulkan perbedaan yang terlalu kontras. Semua pendapat para ahli di atas terlihat senada. Sama halnya dengan beberapa ahli di atas, ahli lingkungan berikutnya, Sri Haryati juga memberikan pendapatnya tentang pengertian lingkungan.  Beliau mengartikan lingkungan sebagai ksatuan ruang dengan semua benda dan keadaan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan juga perilakunya yang melangsungkan perikhidupan serta kesejetahraan manusia serta makhluk lainnya.

Berikutnya, pengertian mengenai definisi lingkungan juga disampaikan oleh S.J Mcnaughton & Larry L. Wolf yang mengatakan bahwa lingkungan merupakan semua faktor yang bersifat biologis dan fisika yang dapat langsung mempengaruhi kehidupan, pertumbuhan, perkembangan dan reproduksi organisme.

Demikian merupakan beberapa pengertian lingkungan menurut para ahli. Dari beberapa pengertian tersebut, kita dapat menarik kesimpulan bahwa menurut beberapa ahli bahwa lingkungan merupakan semua hal yang ad di dalam ruang, baik itu beruapa benda atau suatu keadaan di mana manusia ada di dalamnya, lengkap dengan berbagai perilakunya dan di antara kesemuanya akan terjadi hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi.

Nah, dengan memahami pengertian lingkungan menurut para ahli yang telah dipaparkan di atas, kita tahu bahwa para ahli menekankan benar tentang hubungan timbal balik antara lingkungan dengan manusia beserta perilakunya. Apa yang kita lakukan akan berdampak pada lingkungan, dan haakikatnya apa yang terjadi pada lingkungan ttersebut juga akan mempengaruhi kita. Sehingga, ketika kita menyadari betul hal tersebut, sudah sepantasnya kita semua sadar betapa pentingnya untuk memberikan yang bak pada lingkungan, maka lingkungan juga akan berperilaku baik kepada kita.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian lingkungan , pengertian pasar , pengertian sosiologi , pengertian banjir , pengertian informasi , pengertian novel , pengertian global warming , pengertian kesehatan , pengertian asuransi

 

 

Related Posts