Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Pengertian infomasi menurut para ahli Tentunya kalian sering mendengar kata ‘Informasi’. Entah saat berada di sekolah, di rumah, di pusat perbelanjaan ataupun ditempat lainnya. Tapi apakah kalian tahu apa arti dari informasi sesungguhnya? Pada dasarnya informasi merupakan suatu data yang diproses lebih lanjut atau diolah menjadi suatu bentuk bemanfaat untuk pembuatan keputusan. Informasi bersifat aktual dan faktual, maka dari itu informasi dapat meyakinkan si pembaca terhadap berita yang tersebar. Sehingga, informasi yang baik harus bersifat obyektif. Sebagai contoh, saat kalian berada di pusat perbelanjaan dan dengan tidak sengaja kalian menjatuhkan dompet kalian dan tak tahu kemana kalian harus mencarinya. Maka hal yang akan kalian lakukan selanjutnya adalah pergi ke ruang ‘Informasi’ dan melapor kepada petugas di ruang informasi tersebut atas kehilangan barang. Dan biasanya melalui microphone, petugas itu mengumumkan berita kehilangan yang disertai ciri-ciri dompet tersebut. Nah! Bukankah ini merupakan suatu bentuk dari informasi yang bermanfaat, actual serta faktual?

4

Dibawah ini terdapat beberapa pengertian infomasi menurut para ahli

  1. Raymond Mc. Leod mengatakan bahwa data yang telah menjadi bentuk yang berarti dan bermanfaat bagi si penerima dan akan digunakan saat pengambilan keputusan saat ini atau mendatang
  2.  Tata Sutabri, S.Kom., MM memiliki pendapat bahwa informasi ialah data yang telah diolah agar dapat dipakai dalam suatu proses membuat keputusan.
  3. Abdul Kadir, McFadde dkk mendefinisikan informasi sebagai olahan data yang telah selesai di proses sehingga dapat diterima dengan baik oleh masyarakat agar dapat meningkatkan pengetahuan.
  4. Lani Sidharta berkata bahwa informasi adalah sajian data yang telah dalam bentuk yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan.
  5. Jogiyanto HM berpendapat bahwa infomasi merupakan hasil dari suatu data yang telah diolah menjadi suatu bentuk atau kondisi yang lebih bermanfaat serta berarti bagi para penerimanya dan mendeskripsikan suatu peristiwa yang benar adanya (nyata) yang akhirnya dapat digunakan si penerima dalam pembuatan keputusan.
  6. George H. Bodnar mendefinisikan informasi sebagai data yang dapat dibuat menjadi dasar atas pembuatan keputusan yang benar karena telah diolah.
  7. Anton M. Moeliono berpendapat bahwa informasi adalah suatu bentuk penceraan atas kabar dan berita yang juga merupakan suatu kenyataan yang mampu digunakan sebagai rumusan dasar dari bentuk penelitian.
  8. Sedangkan Robert G. Murdick berpendapat bahwa informasi adalah sekumpulan berkas yang telah di proses untuk suatu pencerahan, alasan, dan sebuah dasar agar di pembaca mampu membuat keputusan
  9. Joner Hasugian menyatakan bahwa informasi adalah gagasan yang bersifat universal yang mencakup banyak hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia didalamnya serta berada pada kisaran jumlah yang besar dan ada pada media.
  10. Gordon B. Davis mendefinisikan informasi sebagai kajian penting yang telah diolah dan berguna bagi si pembaca atau si penerima. Informasi ini harus bersifat aktual dan faktual sehingga dapat digunakan dengan baik dalam pengambilan keputusan dimasa sekarang maupun dimasa mendatang.
  11. George R. Terry, Ph.D menyimpulkan bahwa informasi merupakan suatu bentuk berita yang mampu menyajikan ilmu atau pengetahuan yang berguna bagi si pembaca

Selain pengertian informasi menurut para ahli, terdapat pula pengertian informasi secara umum yang memiliki definisi demikian: Informasi ialah data yang merupakan hasil dari berbagai macam pemrosesan yang memiliki nilai pengetahuan yang bersifat nyata dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya sehingga dapat digunakan oleh si penerima untuk pengambilan keputusan.

Itulah beberapa pengertian informasi menurut para ahli yang pada artikel kali ini dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian dan menambah pengetahuan serta wawasan kalian terhadap ‘Informasi’

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian lingkungan , pengertian pasar , pengertian sosiologi , pengertian banjir , pengertian informasi , pengertian novel , pengertian global warming , pengertian kesehatan , pengertian asuransi

 

Related Posts