Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Kesehatan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Harta paling berharga yang diberikan oleh Tuhan kepada makhluknya adalah kesehatan yang tanpa celah. Itu sebabnya ada pepatah yang mengatakan “sehat itu mahal”. Menurut Wikipedia, kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang membuat seseorang bisa hidup secara produktif. Kesehatan perlu terus dijaga agar tidak membebani tubuh kita. Kesehatan juga menjadi kunci utama kita bisa beraktivitas normal secara rutin.Pengertian kesehatan menurut para ahli semoga bisa membuat kita lebih menghargai tubuh kita dan menjaganya agar tidak sakit. Tubuh yang sehat tak hanya mampu berktivitas secara normal, tetapi juga sedap dipandang.

                Pada dasarnya, kesehatan dapat ditinjau dari empat aspek, yaitu kesehatan fisik, kesehatan mental, kesehatan sosial dan kesehatan ekonomi. Keempat aspek kesehatan tersebut memiliki wujud dan konsep yang berbeda. Pertama, kesehatan fisik dengan wujud ketika seseorang merasa tidak sakit pada tubuhnya dan tidak adanya keluhan. Dikatakan sehat secara fisik apabila semua organ tubuh bisa berfungsi secara normal dan tidak sedikit pun mengalami gangguan. Kedua, kesehatan mental yang mencakup tiga komponen, yakni pikiran, emosional, dan spiritual. Pikiran yang sehat pasti bisa digunakan untuk berpikir secara benar. Emosional yang sehat bisa dicerminkan dengan ekspresi emosi seseorang. Spiritual yang sehat bisa dilihat dari cara seseorang dalam mencerminkan rasa syukur dan terima kasihnya pada tuhan yang diyakininya.

7

                Ketiga, kesehatan sosial bisa terwujud jika seseorang mampu menjalin hubungan dengan orang lain atau kelompok secara baik. Sikap ini tentunya tanpa membedakan agama, ras, suku, atau status sosial ekonomi, serta yang paling penting bisa menjalin sikap saling toleransi dan menghargai. Keempat kesehatan ekonomi yang diwujudkan melalui keadaan status ekonomi seseorang. Setiap orang membutuhkan kesehatan ekonomi untuk dapat bertahan hidup dalam situasi yang normal. Untuk lebih menjelaskan tentang kesehatan, pengertian kesehatan menurut para ahli di bawah ini bisa Anda pelajari lebih lanjut.

                Berikut ini adalah pengertian-pengertian yang dikemukakan oleh para ahli mengenai kesehatan. Para pakar ini membantu kita untuk lebih memahami dan diharapkan nantinya lebih peduli pada kesehatan diri dan sekitar kita.

  • WHO selaku organisasi dunia yang menangani mengenai kesehatan mengartikannya sebagai sumber daya kehidupan sehari-hari dan bukanlah tujuan hidup. Konsep kesehatan di sini ditekankan pada sumber daya sosial, pribadi, dan kemampuan fisik.
  • Undang-undang negara Indonesia juga memberikan pendapat mengenai definisi kesehatan, yakni keadaan yang sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial sehingga memberikan kemungkinan orang untuk hidup secara produktif dan ekonomis.
  • Perkins menyatakan bahwa kesehatan adalah keadaan seimbang dan dinamis antara bentuk dan fungsi tubuh.
  • White berpendapat bahwa kesehatan merupakan keadaan seseorang yang tidak memiliki keluhan atau tanda-tanda suatu penyakit apapun.
  • MUI (Majelis Ulama Indonesia) mengemukakan bahwa kesehatan adalah ketahanan jasmani, rohani, dan sosial yang dimiliki karena karunia dari Allah dan wajib untuk disyukuri, dipelihara, dan dikembangkan dengan baik.

Kesemua pengertian kesehatan menurut para ahli tersebut bisa kita jadikan pedoman dalam hidup lebih sehat dan menjaga lingkungan yang sehat pula.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian lingkungan , pengertian pasar , pengertian sosiologi , pengertian banjir , pengertian informasi , pengertian novel , pengertian global warming , pengertian kesehatan , pengertian asuransi

Related Posts