Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

      Apa yang dipikirkan orang jika mendengar istilah sistem informasi? Kebanyakan orang pasti menjawab bahwa system informasi adalah tempat atau sesuatu yang bisa memberikan berbagai informasi yang kita butuh kan. Tetapi kebanyakan orang menghubungkan  system informasi dengan computer ataupun system informatika, padahal kedua istilah tersebut sangatlah berbeda dalam hal pengertian.  Hal tersebut bukan tanpa alasan karena seiring berkembangnya teknologi computer di masa modern seperti saat ini, kebanyakan orang menghubungkan sesuatu dengan komputer. Untuk lebih lanjutnya kita simak artikel ini tentang  pengertian sIstem informasi menurut para ahli.

Sebelum  membahas mengenai pengertian system informasi menurut para ahli, kita bahas terlebih dahulu istilah system informasi menurut termonologi. Sistem informasi terdiri dari dua kata yaitu system yang  berarti suatu kesatuan yang terdiri komponen  yang dihubungkan bersama untuk mencapai suatu tujuan. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak. Sedangkan informasi adalah kumpulan berbagai data yang berguna dan dapat memberikan jawaban atas berbagai pertanyaan. Jadi system informasi bisa di katakan kumpulan berbagai data yang dibutuhkan yang memiliki suatu kesatuan sehingga dapat digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Menurut Jogiyanto, sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu. Sedangkan informasi Menurut O’Brienadalah data yang telah diubah menjadi konteks yang memiliki arti dan berguna bagi user tertentu.

7

Berikut adalah beberapa pengertian system informasi menurut para ahli yang bisa menambah ilmu tentang istilah system informasi. Walaupun  pengertian istilah system informasi di bawah berbeda-beda tetapi pada intinya memiliki satu benang merah yang sama.

Menurut John F. Nash (1995:8) yang diterjemahkan oleh La Midjan dan Azhar Susanto, menyatakan bahwa Sistem Informasi adalah : Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.

Menurut O’Brien,  sistem  informasi   adalah   suatu   kombinasi terartur apapun dari people (orang), hardware (perangkat keras), software (piranti lunak), computer networks and data communications (jaringan komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi di dalam suatu bentuk organisasi.

Menurut Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis, Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Menurut Erwan Arbie, Sistem informasi adalah sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, membantu dan mendukung kegiatan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu mempermudah penyediaan laporan yang diperlukan.

Berdasarkan beberapa pengertian system informasi menurut para ahli diatas, kita bisa menyimpulkan sendiri bahwa system informasi adalah suatu system atau proses kumpulan pesan yang di lihat,  kemudian di catat dalam suatu data, kemudian data tersebut diolah menjadi suatu informasi yang bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian belajar , pengertian administrasi , pengertian sistem informasi , pengertian teknologi , pengertian bahasa , pengertian html , pengertian database , pengertian masyarakat  , pengertian lingkungan

Related Posts