Pengertian Sosial Budaya Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Pengertian Sosial Budaya Menurut Para Ahli adalah – Berbicara mengenai sosial budaya tak akan bisa lepas dari peran manusia sebagai makhluk sosial dan kebiasaan sebagai budaya mereka. Pengertian sosial budaya menurut para ahli akan beragam maknanya tergantung dari sudut pandang mana mereka mendefinisikannya. Bila dilihat dari istilahnya, sosial bidaya terbentuk dari dua kata yang sebenarnya bisa dimaknai secara terpisah, yakni sosial dan budaya. Menurut W. J. S. Poerwadarminta, dalam kamus bahasa Indonesia miliknya, sosial dimaknai sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat atau kemasyarakatan; suka memperhatikan kepentingan umum. Sedangkan budaya berasal dari kata Sans atau Bodhya yang bermakna pikiran dan akal budi, budaya diartikan sebagai segala hal yang dibuat oleh manusia berdasarkan pikiran dan akal budinya yang mengandung cinta, rasa, dan karsa. Jadi, dapat disimpulkan dari segi istilah, sosial budaya merupakan segala hal yang diciptakan oleh manusia dengan pikiran dan budinya dalam kehidupan bermasyarakat.

Untuk lebih menjelaskan mengenai sosial budaya, berikut ini ada beberapa pengertian sosial budaya menurut para ahli. Menurut Andreas Eppink, sosial budaya atau kebudayaan adalah segala sesuatu atau tata nilai yang berlaku dalam sebuah masyarakat yang menjadi ciri khas dari masyarakat tersebut. Sedangkan menurut Burnett, kebudayaan adalah keseluruhan berupa kesenian, moral, adat istiadat, hukum, pengetahuan, kepercayaan, dan kemampuan olah pikir dalam bentuk lain yang didapatkan seseorang sebagai anggota masyarakat dan keseluruhan bersifat kompleks. Dari kedua pengertian tersebut bisa disimpulkan bahwa sosial budaya memang mengacu pada kehidupan bermasyarakat yang menekankan pada aspek adat istiadat dan kebiasaan masyarakat itu sendiri.

110

Sebagai suatu hal yang ada di masyarakat, tentunya sosial budaya memberikan dampak tersendiri bagi masyarakat di sekitarnya. Dampak yang ditimbulkan bisa berupa dampak positif dan  dampak negatif. Berikut ini adalah pemaparan mengenai dampai dari adanya kebudayaan dalam kehidupan sosial masyarakat.

Dampak positif

  1. Sebagai pedoman dalam hubungan antara manusia dengan komunitasnya.
  2. Sebagai simbol pembeda antara manusia dengan makhluk lainnya.
  3. Sebagai petunjuk tentang cara berperilaku dalam kehidupa sosial.
  4. Sebagai modal dasar dalam pembangunan kehidupan manusia.
  5. Sebagai ciri khas masing-masing kelompok manusia.

Selain dampak positif, kebudayaan ternyata juga memberikan dampat negatif bagi masyarakatnya. Dampak negatif yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. Menimbulkan kerusakan lingkungan dan kelangsungan ekosistem alam.
  2. Mengakibatkan kesenjangan sosial di antara komunitas masyarakat.
  3. Mengurangi dan menghilangkan ikatan batin antar anggota sosial masyarakat.
  4. Menimbulkan munculnya kriminalitas karena kesenjangan sosial dan ekonomi antarkomunitas.

Terciptanya sebuah kebudayaan atau sosial budaya di masyakarat tak lain karena peran interaksi antara manusia dengan alam sekitarnya. Dari interaksi yang saling berhubungan tersebut maka terciptalah kebudayaan yang menyangkut kehidupan dan kebiasaan dari masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Kaitan antara kebudayaan dengan sosial masyarakat adalah bila terjadi perubahan sosial, bukan tidak mungkin kebudayaan di masyarakat tersebut juga berubah. Manusia sebagai pencipta dan pengguna kebudayaan tersebut harus selalu bisa menjaga dan melestarikan apa yang sudah mereka buat. Demikian ulasan mengenai pengertian sosial budaya menurut para ahli. Semoga bermanfaat.

Related Posts