Pengertian dan Fungsi Akar

 Pengetahuan

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah membahas pengertian dan fungsi daun, juga pengertian dan fungsi batang. Pembahasan kali ini, kita akan mendalami lagi ilmu dalam tubuh tumbuhan dengan membahas pengertian dan fungsi akar. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kata akar. Saat anda melihat tumbuhan anda pasti dapat membedakan mana itu akar, daun dan juga batang.

Akar didefinisikan sebagai bagian bawah dari tubuh tumbuhan yang arah tumbuhnya ke dalam tanah, dan berkembang di bawah permukaan tanah. Jika diamati, akar biasanya memiliki bentuk yang runcing pada ujungnya. Bentuk runcing ini dimaksudkan, agar salah satu organ tumbuhan ini mudah untuk menembus masuk ke dalam tanah. Apabila kita amati tumbuhan jagung, akar pada tumbuhan jagung tumbuh dari batang tumbuhan tersebut, hal ini bisa dikatakan akar pada tumbuhan jagung disebut sebagai akar liar. Akar liar berfungsi sebagai penyangga batang tumbuhan yang menjulang tinggi. Sudahkah anda mengerti pengertian akar? Untuk memperjelas pembahasan pengertian dan fungsi akar kali ini, akan dijabarkan beberapa fungsi akar sebagai berikut :

10

  1. Akar berfungsi sebagai penyongkong batang tumbuhan. Dengan adanya akar yang menancap dan menerobos masuk dalam tanah, hal ini memperkuat tumbuhan sehingga tidak mudah roboh saat tertiup angin.
  2. Akar berfungsi dalam proses penyerapan air dalam tanah ( air dalam tanah mengandung garam mineral dan air ), tugas ini dilakukan oleh rambut akar yang berada pada bagian akar.
  3. Pada akar, terdapat pembulu kayu dan pembulu tapis. Pada pembulu kayu, terjadi proses pengangkutan air dari akar ke daun, sedangkan pada pembulu tapis, terjadi proses pengangkutan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan. Hal ini berarti, akar membantu dalam proses fotosintesis
  4. Akar berfungsi sebagai sarana melekatnya tumbuhan pada media tanah. Hal ini dikarenakan, akar memiliki bentuk yang runcing, sehingga memiliki kemampuan menerobos lapisan – lapisan tanah
  5. Pada tumbuhan tertentu, seperti wortel dan ketela pohon akar berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan. Hal ini dikarenakan, dalam akar terdapat sel dan jaringan parenkim yang digunakan sebagai tempat menyimpan hasil fotosintesis berupa karbohidrat.

Setelah menjabarkan fungsi akar, sudahkah anda memahami pembahsan pengertian dan fungsi akar kali ini? Dalam kalangan masyarakat akar memiliki dua jenis, yaitu akar tunggang dan akar serabut. Akar tunggang tumbuh lurus ke bawah, akar tunggang dimiliki oleh akar pada tumbuhan dikotil. Sedangkan, akar serabut terbentuk dari akar tunggang dengan membentuk cabang sebanyak – banyaknya, cabang tidak tumbuh menjadi besar dan akar tunggang akan mengecil, akar serabut memiliki bentuk seperti benang, akar serabut dimiliki oleh akar pada tumbuhan monokotil.

Sekian pembahasan artikel dengan judul pengertian dan fungsi akar. Semoga, pembahasan artikel kali ini bermanfaat untuk anda, dan menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin belum anda temukan jawabannya. Penulis juga berharap pembahasan kali ini menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi anda yang membacanya, serta memberikan rasa penasaran sehingga anda akan terus membaca dan membaca mencari ilmu pengetahuan yang tidak terbatas dan tidak terhenti.

Related Posts