Manfaat khasiat Vitamin E bagi Kesehatan

 Kesehatan

Vitamin E dikenal juga dengan nama tokoferol yang merupakan salah satu dari bagian vitamin yang larut di dalam lemak. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, bugar, dan tidak mudah terserang penyakit, kita membutuhkan asupan vitamin E secara cukup setiap hari. Dosis atau takaran vitamin E yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari adalah sebanyak 200 – 400 mg. Kekurangan vitamin E akan diketahui saat kita mengalami luka, proses penyembuhan yang lama menandakan bahwa tubuh kurang tercukupi asupan vitamin E-nya. Manfaat vitamin E bagi kesehatan tidak bisa dianggap remeh karena vitamin E merupakan antioksidan yang sangat berguna bagi tubuh. Untuk mendapatkan vitamin E yang cukup, kita bisa mengonsumsi kacang-kacangan, buah (blueberry atau apel), tomat, ubi jalar, dan sayuran berdaun hijau.

Selain didapat melalui makanan di atas, asupan vitamin E juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi suplemen makanan. Hanya saja tidak semua orang cocok mengonsumsi suplemen seperti itu, ada yang merasakan efek samping sepert gatal-gatal, diare, mengurangi nafsu makan, dan lain-lain. Oleh karena itu, lebih aman bila kita mengonsumsi makanan sehat untuk memenuhi asupan vitamin E bagi tubuh. Mengapa kita harus mengonsumsi makanan atau suplemen tersebut? Vitamin E yang sangat dibutuhkan ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga kita membutuhkannya dari luar tubuh. Di samping berusaha untuk tidak kekurangan vitamin E, kita juga harus bisa mengontrol asupan vitamin E agar tidak berlebih. Kelebihan vitamin E bisa menyebabkan meningkatnya asam lambung sehingga menyebabkan maag, bisa juga menyebabkan sakit kepala, cepat lelah, dan lemah otot.

2

Adapun manfaat vitamin E bagi kesehatan adalah sebagai berikut.

  • Sebagai antioksidan alami yang mampu melindungi struktur sel yang penting dari ancaman radikal bebas
  • Meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh sehingga bisa mengatasi stress, meningkatkan kesuburan, dan mencegah penyakit jantung koroner.
  • Melindungi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh dari kerusakan.
  • Melindungi tubuh dari akibat kelebihan vitamin A dan sekaligus melindungi vitamin A dari kerusakan.
  • Menjaga kesehatan kulit karena mampu meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, mencegah penuaan dini, melindungi kulit dari radikal bebas, dan mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit.
  • Mengurangi kram saat masa menstruasi
  • Mampu mencegah penyakit kanker, seperti kanker prostat dan kanker pay*u*dara

Seseorang yang mengalami kekurangan vitamin E biasanya disebabkan oleh cara diet yang salah. Diet tanpa memperhatikan asupan vitamin atau bahkan diet tanpa makan sama sekali dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi, termasuk kekurangan vitamin E. Dalam kasus seperti itu, tentunya manfaat vitamin E bagi kesehatan tidak bisa dirasakan dengan maksimal atau bahkan tidak sama sekali. Khusus untuk kesehatan kulit, vitamin E bisa didapat juga dengan cara perawatan dari luar, yakni mengoleskan beberapa krim seperti lotion, pelembab, atau tabir surya yang kaya akan kandungan vitamin E. Dengan begitu, manfaat yang diterima oleh tubuh akan semakin maksimal karena ternutrisi dari dalam dan dari luar.

Related Posts