Manfaat Sayur Pare dan Buahnya untuk Kesehatan

 Kesehatan

Anda termasuk penyuka sayur pare? Kebanyakan orang akan menjawab “tidak”. Sayur pare memang tidak terlalu disukai banyak orang, mungkin karena rasanya yang pahit. Namun, tak banyak yang tahu bahwa manfaat sayur pare dan buahnya untuk kesehatan sangat melimpah dan luar biasa. Sebenarnya dengan pengolahan yang tepat dan benar, pare yang pahit bisa menjadi makanan yang nikmat dan pastinya menyehatkan. Sayur pare biasanya terbuat dari buah pare yang berbentuk panjang, berwarna hijau segar, dan bertektur kasar pada luarnya. Tanaman pare termasuk jenis tanaman rambat karena menjulur dan melingkar ke atas pada batang tanaman lainnya. Di berbagai tempat pembubidayaan pare, petani biasa merambatkannya pada tiang-tiang penyangga yang telah disusun sedemikian rupa sehingga bisa tertata dengan rapi dan mudah saat dipanen.

Selain buahnya, bagian lain dari tanaman pare yang memiliki banyak khasiat adalah daun pare. Dari beberapa penelitian, daun pare bisa digunakan untuk mengobati mencret pada bayi, membersihkan darah pada wanita yang baru melalui proses persalinan, menurunkan demam, mengeluarkan cacing kremi, dan menyembuhkan batuk. Cara pengolahannya dengan merebus daun pare kemudia meminum air rebusannya. Lalu, bagaimana dengan buah pare? Tentu saja buah pare adalah bagian yang lazim dikonsumsi dengan diolah menjadi sayuran atau pelengkap bahan membuat siomay Bandung.

1

Tanaman dengan nama Latin Momordica Charantina L ini memiliki banyak sekali khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Apa saja manfaat sayur pare dan buahnya untuk kesehatan? Berikut ini adalah paparan selengkapnya.

  • Menjaga kondisi pernapasan agar tetap sehat dan mencegah berbagai penyakit pernapasan seperti asma, bronchitis, dan demam (rhinitis)
  • Mengatasi penyakit wasir karena kandungan anti inflamasi yang juga mampu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit serta pendarahan akibat gejala wasir.
  • Sebagai anti nyamuk alami karena nyamuk tidak menyukai darah kita yang tercampur dengan zat-zat dari pare.
  • Meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh karena kandungan antioksidan yang tinggi akan memperkuat mekanisme pertahanan tubuh dari berbagai penyakit. Antioksidan juga mampu menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.
  • Mencegah sel kanker karena pare disebut-sebut sebagai agen anti tumor atau anti karsinogenik.
  • Membantu mengatasi penyakit diabetes karena kandungan Charntin, yakni peptida yang menyerupai insulin dan alkaloid yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Pare juga mampu menjaga penuruna insulin dengan cara mengatur penggunaan gula di dalam metabolisme tubuh.
  • Mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh jamur karena pare memiliki sifat-sifat antijamur yang mampu membunuh jamur dan membersihkan darah dari racun-racun.

Paparan mengenai manfaat sayur pare dan buahnya untuk kesehatan di atas, bisa menjadi tambahan alasan dan motivasi agar kita menyukai pare sebagai sayuran atau makanan sehari-hari. Namun, jangan terlalu berlebihan mengonsumsi pare karena bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil dan penurunan jumlah sperma pada laki-laki, sehingga pare ini sebenarnya bisa digunakan sebagai obat KB alami. Ternyata, rasa yang pahit tidak menandakan bahwa makanan tersebut tidak berkhasiat.

Related Posts