Manfaat Masker Buah Mentimun untuk Wajah

 Kesehatan

Mentimun, siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Buah yang bisa dipakai untuk bergaia macam olahan masakan dan minuman ini memang banyak terdapat dan mudah sekali ditemui di Indonesia. Iklim Indonesia yang cenderung panas dan kering membuat buah ini tumbuh dengan sangat subur dan melimpah. Buah mentimun dipercaya kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Tak hanya untuk dikonsumsi, mentimun juga bisa dipakai sebagai masker untuk kesehatan kulit wajah. Manfaat masker buah mentimun untuk wajah sudah bukan hanya omong kosong belaka. Khasiatnya telah banyak dibuktikan dan dipercaya oleh banyak wanita di dunia.

Mentimun memiliki banyak manfaat dan khasiat, tak hanya bagi kesehatan tetapi juga bagi kulit dan wajah. Buah dengan nama Latin Cucumis Sativus ini bersifat menyejukkan dan menyegarkan karena kandungan air yang sangat banyak. Mentimun mampu memberikan rasa dingin dan melembapkan kesegaran kulit wajah. Kandungan berbagai zat di dalam mentimun yang membuatnya memiliki banyak khasiat tersebut. Apa saja kandungan di dalam buah mentimun? Buah mentimun mengandung silicon dan fluorin. Selain itu, mentimun juga mengandung saponin, flavonoid, polifenol, dan vitamin E. kesemua zat tersebut selain bermanfaat bagi kesehatan, juga bisa dipakai untuk merawat kulit wajah.

1

Berkat semua kandungan senyawa aktif tersebut, buah mentimun memiliki banyak khasiat, terutama bila diaplikasikan sebagai masker untuk merawat kulit wajah. Berikut ini adalah uraian lengkap mengenai manfaat masker buah mentimun untuk wajah.

  • Mengencangkan pori-pori yang terbuka dengan cara mencampurkan mentimun dengan sari cuka apel, perasan lemon, putih telur, sari lidah buaya, dan tomat.
  • Mengurangi lingkaran hitam di daerah sekitar mata karena kandungan antioksidan yang mampu meremajakan kulit dan membuat kulit menjadi halus dan lembut.
  • Mengurangi bintik hitam pada kulit wajah karena mentimun bisa berguna sebagai tonik dengan cara memarut mentimun dan mengoleskannya secara merata pada wajah dan leher.
  • Mengurangi bengkak pada kantung mata karena kandungan asma askrobat untuk mengurangi retensi air.
  • Merawat kulit yang terkena sengatan matahari karena kandungan air pada mentimun bersifat mendingikan dan mempercepat proses pengembalian kulit yang terbakar panas matahari.
  • Melembapkan kulit wajah karena mentimun mengandung air yang sangat banyak, hampir sama banyaknya dengan buah semangka.

Untuk mendapatkan khasiat masker mentimun, Anda bisa mengolah mentimun melalui tiga cara, yakni diparut, diblender, dan langsung ditempelkan pada kulit wajah. Pembuatan masker mentimun juga bisa dengan campuran bahan-bahan alami lainnya untuk menambah khasiatnya pada kulit wajah. Masker mentimun yang dicampur dengan buah kiwi bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kulit mati, begitu pula dengan mentimun yang dicampur dengan susu murni. Buah mentimun juga bisa diolah menjadi pasta sebelum diaplikasikan sebagai masker wajah. Manfaat masker buah mentimun untuk wajah sangat beragam tergantung dari bagaimana cara kita untuk membuatnya atau mencampurnya dengan bahan-bahan alami yang ada. Pastikan Anda mencuci bersih mentimun sebelum dipakai masker karena getah yang ada pada mentimun bisa membuat kulit Anda iritasi.

Related Posts