Manfaat khasiat Masker Putih Telur untuk Wajah

 Kesehatan

Telur telah dikenal sebagai makanan yang banyak mengandung protein hewani. Selain itu, masih banyak lagi kandungan vitamin dan nutrisi yang ada di dalam sebuah telur. Namun, ternyata telur tak hanya baik bagi kesehatan, melainkan juga berkhasiat untuk kulit wajah, terutama bagian putih telur. Putih telur sudah lama dimanfaatkan sebagai masker pada kulit wajah. Manfaat masker putih telur untuk wajah sangat beragam dan tidak perlu diragukan lagi. Telur yang cocok untuk pemakaian masker adalah telur ayam kampung karena kandungan nutrisi dan vitaminnya lebih banyak dan lebih alami. Kandungan berbagai zat aktif dan vitamin yang ada di dalam telur sangat baik bagi wajah dan bisa memberikan tambahan nutrisi pada pori-pori wajah.

10

Banyaknya khasiat yang diberikan putih telur pada kulit wajah akan dipaparkan sebagai berikut.

  • masker putih telur bisa bermanfaat untuk membersihkan dan mengangkat minyak berlebih pada wajah
  • Untuk menghilangkan komedo pada wajah
  • Menghilangkan bekas jerawat dan mencegah timbulnya jerawat lagi pada kulit wajah Anda.
  • Mencegah tanda-tanda penuaan atau mencegah penuaan dini
  • Mempercepat proses regenerasi kulit
  • Menghaluskan kulit wajah
  • Mengatasi masalah kulit berminyak dan kulit kering
  • Melembabkan kulit wajah karena kandungan protein yang cukup tinggi
  • Mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit wajah sehingga wajah menjadi lebih sehat, cerah, dan awet muda

Agar mendapatkan manfaat dari masker putih telur untuk wajah di atas, Anda harus membuat racikan masker yang tepat. Yang perlu disiapkan adalah satu butir telur, sebaiknya telur ayam kampung, yang masih segar dan sedikit es batu. Untuk mengaplikasikan pada wajah, sediakan kuas kecil khusus masker. Pertama, pecahkan telur ayam dan pisahkan putih telur dari kuningnya lalu tempatkan di mangkok bersih. Kedua, kocok putih telur menggunakan garpu hingga mengembang dan mengental seperti krim. Ketiga, bersihkan wajah menggunakan air bersih dan keringkan. Keempat, oleskan krim putih telur merata pada wajah, hindari area sensitif seperti mata dan mulut. Kelima, tunggu hingga mengering, kira-kira 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Keenam, setelah wajah bersih dari krim telur oleskan es batu secara merata dengan perlahan agar menutup kembali pori-pori wajah. Untuk hasil maksimal, gunakan masker putih telur ini secara rutin seminggu dua kali.

Masker putih telur di atas bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan untuk jenis-jenis kulit yang berbeda agar hasilnya lebih maksimal lagi. Dengan campuran bahan-bahan tertentu, manfaat masker putih telur untuk wajah akan semakin berkhasiat sesuai dengan jenis kulit pemakainya. Untuk kulit normal, Anda bisa membuat masker putih telur yang dicampur dengan madu. Pemilihan madu karena kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga sangat cocok untuk mencerahkan kulit. Untuk kulit kering, campurkan putih telur dengan alpukat. Kandungan asam amino, anti oksidan, dan minyak esensial pada alpukat akan membantu melembapkan kulit wajah Anda. Untuk kulit berminyak, putih telur dicampur dengan lemon yang kaya akan magnesium, vitamin C, dan sebum. Untuk kulit berjerawat, campurkan masker putih telur dengan timun yang banyak mengandung astringen, berfungsi sebagai tonik wajah untuk kulit berminyak.

Related Posts