Pengertian dan Fungsi Dioda

 Pengetahuan

Pernahkah anda mendengar kata dioda? Jika ya, dapatkah anda menjelaskan tentang  pengertian dan fungsi dioda? Membahas dioda berarti membahas ilmu rangkaian listrik. Dalam kamus lengkap bahasa Indonesia, dioda diartikan sebagai alat yang terdiri atas dua elemen yang digunakan sebagai pengarah arus dalam rangkaian listrik. Sedangkan dalam ilmu elektronika, dioda diartikan sebagai komponen aktif yang bersaluran dua.

Dioda terdiri dari dua kata : anoda (muatan positif untuk menarik electron negative) dan katoda (muatan negative). Dioda bersifat sebagai penghantar arus pada tegangan maju dang menghambat arus pada tegangan balik. Dioda pada umumnya mempunyai tegangan pemicu sebesar 0,7 volt dan dioda umumnya terbuat dari bahan silicon. Maksud dari tegangan tersebut adalah tegangan minimum yang diperlukan agar electron bisa melompat mengisi hole melalui area penetralan. Setelah membahas pengertian untuk melengkapi pembahasan artikel dengan judul pengertian dan fungsi dioda kali ini, penulis akan menjabarkan beberapa fungsi dioda. Dalam rangkaian listrik, dioda berfungsi sebagai berikut:

3

  1. Dioda berfungsi dalam komponen dioda zioner sebagai penstabil tegangan
  2. Dioda berfungsi sebagai sekring. Sekring adalah alat pengatur dan pengaman arus listrik agar tidak tejadi konsleting listrik
  3. Dioda berfungsi sebagai penyearah pada komponen dioda bridge
  4. Dalam rangkaian power amplifier, digunakan sebagai sensor panas
  5. Dalam komponen dioda photo, digunakan sebagai sensor cahaya
  6. Penambah komponen DC, di dalam sinyal AC pada rangkaian clamper
  7. Dioda berfungsi sebagai pengganda tegangan
  8. Pada rangkaian clipper, digunakan sebagai pemangkas level sinyal yang ada di atas atau di bawah tegangan tertentu
  9. Sebagai rangkaian VCO (Voltage Controlled Oscallator) pada komponen dioda varaktor

Dioda dapat diilustrasikan sebagai katup, katup akan terbuka pada saat air mengalir dari belakang menuju ke depan. Sedangkan katup akan menutup apabila ada dorongan aliran air dari depan katup. Simbol yang ada pada dioda menggambarkan cara kerja dioda. Seperti penjelasan pada alenia sebelumnya, dioda terdiri daru 2 kata (anoda dan katoda). Simbol anoda pada diode diberi huruf P, dan symbol katoda pada dioda diberi huruf N. Dalam komponen dioda tidak terjadi perpindahan electron hole dari P ke N, maupun sebaliknya. Hal ini dikarenakan hole dan electron akan tertarik ke arah kutub yang berlawanan. Sekarang, dapatkah anda mendefinisikan tentang pengertian dan fungsi dioda?

Penulis rasa pembahasan pengertian dan fungsi dioda kali ini cukup menjawab pertanyaan mengenai apa itu dioda dan bagaimana fungsinya dalam system rangkaian elektronika. Penulis berharap semoga artikel kali ini menambah wawasan anda dan juga memberikan pengetahuan tambahan serta kata – kata yang membuat anda penasaran, sehingga dengan rasa penasaran tersebut anda akan terus belajar dan belajar, menggali ilmu yang tidak ada batasnya. Penulis juga berharap agar anda tidak hanya puas dengan ilmu yang sudah anda miliki setinggi apapun ilmu itu, karena ilmu yang ada di alam terus dan terus berkembang mengikuti perkembangan jaman. Jadi, sebanyak apapun ilmu anda, semoga anda selalu merasa kurang karena dengan itu anda akan terus belajar.

Related Posts