PENGERTIAN EMAIL DAN FUNGSINYA

 Pengetahuan

pengertian email dan fungsinyaKini jaman semakin berjalan cepat dan berkembang pesat, kita sebagai manusia dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan yang terjadi. Untuk kali ini kita akan membahas tentang pengertian email dan fungsinya, percuma saja kan kita mempergunakan fasilitas canggih ini namun kita tidak mengerti definisi atau pun fungsi yang sebenarnya apa. Kita sering mendengar istilah email dalam kehidupan sehari-hari, tapi apa arti email sebenarnya? Kita tahu email atau memiliki nama lain elektronic mail berasal dari bahasa Inggris yang mempunyai arti surat elektronik. Email merupakan sejenis fasilitas surat menyurat melalui sistem komunikasi berupa internet. Isi dari surat menyurat ini adalah mulai dari mengirim pesan berupa pesan text, mengirim gambar, video, musik, dan dokumen file, menerima pesan, dan juga menyiman pesan. Tentu saja konsep dari email ini sendiri tidak jauh berbeda dengan konsep surat menyurat model lama atau tradisonal, yang harus menuliskan surat terlebih dahulu, memasukkannya dalam amplop, dan untuk bisa surat tersebut dikirim harus disertakan perangko, alamat yang akan dituju juga siapa yang menulis surat tersebut di halaman depan amplop, dan baru lah surat akan dikirim oleh pak pos. Hanya saja, perbedaan surat menyurat tradisional dan email adalah email lebih,cepat, praktis dan gratis dalam proses pengiriman maupun penerimaan. Tentu jika kita ingin mengirim lewat email kita harus memiliki jaringan internet agar bisa tersambung, memiliki alamat email, juga harus mengetahui alamat email orang yang akan kita kirimi tersebut.

2

Sesuai dengan judulnya, pengertian email dan fungsinya juga akan dibahas disini. Fungsi dari email adalah sama seperti fungsi surat, sebagai sarana komunikasi satu arah. Dan fungsi yang lain dari email adalah tentunya untuk mengirim surat dan terkadang bisa sebagai sarana promosi barang ataupun jasa kepada apara konsumen atau lebih sering dikenal sebagai Electronic Marketing. Dalam pemebelajaran sekolah pun materi-materi ataupun penjelasan tentang email hingga cara membuat account email kita sendiri pun diberikan kepada siswa. Dan tak jarang pula guru-guru di jaman sekarang jika memberikan tugas, tugas tersebut harus dikirim dari sisa yang bersangkutan ke alamat email guru tersebut. Ternyata, kehadiran email ini sangat berpengaruh besar di dunia pendidikan. Tak hanya di dunia pendidikan,  tak jarang beberapa perusahaan menggunakan fasilitas email ini untuk menampung lamaran-lamaran kerja yang masuk. Salah satu keunggulan lain dari email ini adalah kita bisa mengirim kapan saja dan dimana saja. Bahkan dengan email ini kita bisa terhubung dengan manusia di seluruh dunia. Menarik bukan? Dengan demikian kita bisa mempelajari kebudayaan, kebiasaa, dan juga adat dari berbagai daerah di dunia.

Nah, sekarang kita sudah mengerti pengerian email dan fungsinya. Maka dari itu, tak ada salahnya jika kita selalu update dan selalu mengikuti perkembangan jaman yang tengah berputar cepat di lingkungan kita. Tapi, kita juga harus menyadari bahwa kita juga jangan sampai diperbudak oleh kecanggihan yang tersedia. Jika kita cenderung hanya terpaku pada email dan kawan-kawannya yang canggih, hal tersebut akan menghilangkan tradisi lama yang mengawali kecanggihan-kecanggihan ini. Tidak ada salahnya kok, jika kita menggunakan cara yang lama, semuanya sama-sama benar tergantung dari kita saja memilih yang mana. Semoga informasi diatas dapat kita ambil manfaatnya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian komunikasi , pengertian email , pengertian sejarah , pengertian etika , pengertian bank , pengertian puisi , pengertian budaya , pengertian kewirausahaan

Related Posts