PENGERTIAN PUISI MENURUT PARA AHLI

 Pengetahuan

Bagi remaja-remaja yang gemar menulis, pasti sudah berkenalan dengan yang namanya puisi. Apalagi sewaktu galau atau tengah patah hati, inspirasi yang datang dari dalam hati juga pikiran beradu satu hingga meninggalkan kata-kata indah yang bisa untuk dijadikan sebuah puisi. Ketika sedang patah hati, suasana diluar rumah tengah mendung dan gerimis-gerimis kecil, ditambah dengan lagu-lagu  galau yang mellow, pasti tangan ini seakan tanpa diperintah ingin mengungkapkan apa saja yang ada di hati saat itu. Saat tak ada yang mengerti dengan kesedihan kita, puisi adalah sepenggal kesedihan yang terbawa oleh tulisan yang tertinggal di kertas. Dengan menulis puisi kesedihan kita akan berkurang sedikit, itu sudah terbukti. Nah, tadi adalah ulasan singkat tentang puisi di kalangan remaja. Semua orang pasti sudah bisa membuat puisi karena semasa kita duduk di bangku sekolah dasar kita sudah diperkenalkan dengan puisi dandiajari bagaimana cara membuatnya. Pengertian puisi menurut para ahli, salah satunya Clive Sansom berpendapat bahwa puisi merupakan bentuk pengucapan bahasa yang ritmis, yang mengungkapkan pengalaman intelektual yang bersifat imajinatif dan emosional. Dan menurut Samuel Johnson menyatakan bahwa puisi adalah peluapan yang spontan dari perasaan yang penuh daya yang berpangkal pada emosi yang berpadu kembali dalam kedamaian. Jadi, kesimpulan kita puisi adalah gambaran dari perasaan dan luapan emosi seseorang yang di luangkan dalam kata-kata yang berirama. Isi dari puisi tentu tak bisa dianggap sepele, karena jarang orang mebuat puisi dengan tidak menggunakan perasaan kecuali dia diberi tugas oleh guru bahasa Indonesianya di sekolah. Orang yang membuat puisi biasanya isi dari puisi tersebut berdasarkan apa yang tengah ia rasakan, lihat, juga dengar. Entah ia tengah merasa kecewa, sakit hati, bahagia, iba, dan lain sebagainya.

5

Pengertian puisi menurut para ahli diatas, memang benar adanya.  Puisi berasal dari dalam hati dan pemikiran, mencoba untuk mendeskripsikan sesuatu. Jaman dahulu, tata cara membuat puisi tidak lah sebebas sekarang. Banyak peraturan yang harus dipenuhi agar suatu rangkaian kata tersebut dapat dikatakan sebagai puisi. Namun sekarang, membuat puisi dapat sesuka hati kita. Bagaimana iramanya, berapa bait, berapa baris, tergantung dengan keinginan kita sendiri. Banyak orang-orang yang hebat telah menciptakan karya-karya puisi yang indah. Tatanan,penggunaan, juga pemilihan kata-kata yang indah membuatpuisi tersebut memiliki kekuatan luar biasa walau terkadang kita tidak mengerti bahasa yang digunakan ke dalam puisi tersebut.

Pengertian puisi menurut para ahli tersebut tak hanya berlaku bagi remaja, banyak orang-orang yang sudah berusia tua yang masih membuat puisi. Mungkin karena tuntutan pekerjaan ataupun hanya sekedar hobby. Kini, banyak beberapa surat kabar, majalah remaja, tabloit wanita yang masih mencantumkan beberapa karya puisi dari beberapa pembaca yang mengirimkan karyanya. Sebuah hobby bisa menjadi kegiatan yang dapat mendatangkan rejeki untuk kita. Sekarang banyak diadakan lomba-lomba cipta-baca puisi yang diadakan secara online ataupun offline. Hal-hak tersebut dapat sebagai sarana pengembangan diri agar bakat dan potensi dalam diri kita bisa kita kembangkan lebih lagi. Menulis puisi bahkan bisa mengasah insipari kita agar dapat memunculkan inspirasi yang lain.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian komunikasi , pengertian email , pengertian sejarah , pengertian etika , pengertian bank , pengertian puisi , pengertian budaya , pengertian kewirausahaan

Related Posts