Pengertian Pemimpin Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Menjadi seorang pemimpin adalah impian semua orang, apalagi pemimpin yang baik dan bertanggung jawab. Istilah pemimpin memang bukan hal yang tabu lagi untuk didengar, tetapi bukan berarti tidak perlu lagi untuk dibahas. Tahukah Anda apa yang sebenarnya disebut dengan pemimpin? Tak banyak orang yang bisa menjabarkan pengertiannya meski banyak yang mengaku memahaminya. Untuk itulah perlu adanya pemahaman agar kita tidak salah dalam menerapkan kata pemimpin dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pun dengan pengertian pemimpin menurut para ahli yang perlu dipahami juga untuk menunjang pemahaman kita. Tak ada salahnya mempelajari hal yang memang sudah biasa kita dengar, tetapi masih belum kita pahami dari segi maknanya.

                Pemimpin bisa dimaknai sebagai sebuah jabatan dimana ia menjadi kepala dari sekumpulan orang yang berada pada komunitas tertentu. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pemimpin bisa diartikan sebagai orang yang memimpin. Dari kedua pengertian sederhana tersebut kita bisa mengetahui bahwa pemimpin selalu menjadi si nomor satu dan didahulukan. Itu sebabnya banyak orang yang ingin menjadi pemimpin. Namun, tahukah Anda bahwa menjadi seorang pemimpin bukanlah pekerjaan mudah? Pemimpin tidak hanya sekadar memimpin beberapa orang, tetapi juga harus berani menanggung semua risiko yang mungkin menimpa komunitas yang dipimpinnya. Inilah yang biasanya tak bisa dilakukan oleh semua pemimpin.

2

                Menjadi pemimpin yang baik bisa dipelajari dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mempelajari pengertian pemimpin menurut para ahli. Dalam definisi-definisi tersebut bisa saja terselip makna yang lebih mendalam mengenai seorang pemimpin. Berikut ini pengertian yang dimaksud.

  • Menurut Henry Pratt Faiechild, pemimpin adalah seorang yang memprakarsai tingkah laku sosial dengan mengatur, mengarahkan, dan mengontrol usaha/upaya orang lain melalui kekuasaan dan posisi.
  • Menurut Ahmad Rusli, pemimpin adalah individu yang diamanahkan memimpin pengikutnya untuk mencapai matlamat yang ditetapkan.
  • Menurut Kenry Pratt Fairchild, pemimpin arti luas adalah seorang yang memimpin dengan cara mengambil inisiatif masyarakat secara mengarahkan, mengorganisasi, atau mengawasi usaha orang lain, baik atas dasar prestasi, kekuasaan, atau kedudukan. Pemimpin arti sempit adalah seseorang yang memimpin dengan alat yang menyakinkan sehingga para pengikut menerimanya secara suka rela.
  • Miftha Thoha, pemimpin adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk memengaruhi orang lain atau kelompok tanpa mengindahkan bentuk alasannya.
  • Menurut Kartini Kartono, pemimpin adalah pribadi yang mempunyi kecakapan dan kelebihan di satu bidang sehingga mampu memengaruhi orang lain untuk melakukan aktivitas tertentu demi suatu tujuan.
  • Menurut Menurut Redl, pemimpin adalah seorang yang menjadi titik pusat yang mengintegrasikan kelompok.
  • Menurut C. N. Cooley, pemimpin adalah titik pusat dari suatu kecenderungan gerakan sosial.
  • Menurut Dr. Phil. Astrid S. Susanto, pemimpin adalah orang yang memiliki pengaruh pada orang banyak.
  • Menurut John Gage Allee, pemimpin adalah pemandu, penunjuk, penuntun, atau komandan.
  • Menurut J.I. Brown, pemimpin adalah suatu posisi yang memiliki potensi yang tinggi dibidangnya.

                Dari pengertian pemimpin menurut para ahli di atas kita bisa mengetahui bahwasanya pemimpin selalu dianggap sebagai seseorang yang mengatur sekelompok orang dengan berbagai cara agar bisa mencapai tujuan bersama. Masih dari pengertian-pengertian di atas kita bisa mempelajari bahwa pemimpin yang baik harus bisa mengarahkan, mengorganisasi, dan membimbing anggotanya agar melakukan hal-hal yang telah disepakati bersama.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian motivasi belajar , pengertian asean , pengertian pemimpin , pengertian usaha , pengertian scanner , pengertian filsafat ilmu , pengertian emosi , pengertian liberalisme , pengertian lemak , pengertian strategi pembelajaran , pengertian tenaga kerja , pengertian biosfer

Related Posts