Pengertian Scanner Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Dunia teknologi semakin hari semakin modern dan berkembang dengan pesatnya. Salah satu teknologi yang perkembangannya sangat cepat adalah teknologi komputerisasi. Sudah bukan rahasia lagi bahwa komputer telah menjadi salah satu barang elektronik yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat setiap harinya. Karena fungsi dan manfaatnya yang demikian kompleks inilah kemajuan komputer terus ditingkatkan dengan berbagai macam cara. kemajuan komputerisasi tidak hanya ditunjukkan dengan perkembangan software (perangkat lunak)-nya saja, melainkan juga dengan semakin banyaknya hardware (perangkat keras) pendukung yang memudahkan pekerjaan. Salah satunya adalah mesin scanner. Apa itu scanner? Apa pula pengertian scanner menurut para ahli?

                Kecanggihan yang ditawarkan oleh berbagai perangkat komputer memang semakin mempermudah pekerjaan manusia. Memperbanyak data, memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat yang lain, bahkan memindai data sekarang bukan hal yang mustahil lagi bisa dilakukan dalam hitungan sekian detik saja. Berbagai macam penemuan yang terus dilakukan oleh para ahli bukan tidak mungkin akan membuat semua pekerjaan menjadi semakin mudah. Tentunya hal ini sejalan dengan keadaan manusia yang dituntut untuk cepat dalam bekerja dan persaingan dunia kerja yang memang semakin ketat. Untuk itulah kemunculan alat-alat canggih seperti scanner menjadi angin segar bagi pekerja yang dikejar waktu dan target.

4

                Scanner adalah istilah dari bahasa Inggris yang bila diterjemahkan ke dalah bahasa Indonesia disebut dengan nama mesin pemindai. Scanner atau pemindai adalah sebuah alat yang digunakan untuk memindai data, bisa berupa dokumen, gambar, ataupun foto. Secara fisik, mesin ini hampir sama dengan mesin fotokopi. Perbedaannya adalah output yang dihasilkan. Jika mesin fotokopi menghasilkan output berupa kertas, mesin scanner menghasilkan output berupa data yang bisa langsung disimpan dalam bentuk file di dalam komputer. Pengertian scanner menurut para ahli tidaklah jauh berbeda dengan pengertian yang disebutkan di atas. Jadi, scanner secara singkat bisa dimaknai sebagai sebuah alat yang bisa memindai benda dari bentuk nyata ke dalam bentuk digital ke dalam komputer.

                Dokumen yang sudah diubah dalam bentuk digital dan disimpan dalam komputer tentunya memiliki banyak keuntungan dalam pekerjaan. Kita bisa mengedit, mengubah, atau mengganti bentuk filenya sesuai dengan kebutuhan. Hal-hal tersebut jelas tidak bisa dilakukan bila dokumen masih berupa lembaran kertas. Itulah kemudahan yang diberikan oleh mesin scanner yang diminati oleh banyak orang. Scanner memiliki cara kerja yang mudah karena semuanya cukup dikerjakan dengan menekan tombol-tombol saja, baik tombol di mesin scanner maupun fungsi-fungsi yang terdapat di komputer. Proses yang dilakukan di dalam mesin scanner disebut dengan proses scanning.

                Selain pengertian scanner menurut para ahli, jenis scanner juga penting untuk dipelajari. Jenis scanner bisa dibagi menurut sistem sensornya dan menurut cara memasukkan objeknya. Berdasarkan sistem sensornya, scanner dibagi menjadi tiga, yakni scanner rotary, scanner planet, dan digital camera scanner. Sedangkan berdasarkan cara memasukkan objeknya, scanner bisa dibagi menjadi dua, yakni scanner flatbed dan scanner ADF (Automatic Document Feeder). Masing-masing jenis scanner tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda sehingga memilih mesin yang mana saja harap disesuaikan dengan kebutuhan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian motivasi belajar , pengertian asean , pengertian pemimpin , pengertian usaha , pengertian scanner , pengertian filsafat ilmu , pengertian emosi , pengertian liberalisme , pengertian lemak , pengertian strategi pembelajaran , pengertian tenaga kerja , pengertian biosfer

Related Posts