Pengertian Integritas Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Mendengar istilah integritas biasanya kita langsung menghubungkannya dengan nasionalisme, sosial, atau bidang- bidang lainnya. Coba kita pelajari pengertian integritas menurut para ahli untuk mengetahui kebenarannya. Kata integritas berasal dari kata sifat Latin integer yang bermakna utuh atau lengkap. Pengertian tersebut menjelaskan bahwa integritas adalah  rasa suasana kebatinan dan keutuhan yang berasal dari kualitas seperti kejujuran dan konsistensi karakter. Sumber lain menyebutkan bahwa integrity atau integritas adalah suatu konsep yang menunjuk konsistensi antara tindakan dengan nilai dan prinsip. Dalam etika, integritas diartikan sebagai kejujuran dan kebenaran dari tindakan seseorang.

                Integritas dianggap menjadi karakter kunci bagi seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang mempunyai integritas akan mendapatkan kepercayaan dari pegawainya. Pimpinan yang berintegritas dipercayai karena apa yang menjadi ucapannya juga menjadi tindakannya. Integritas menjadi hal yang kuat dalam mempengaruhi seseorang, khususnya dalam hal kepemimpinan. Sebuah ungkapan menyatakan bahwa: tanpa integritas, motivasi menjadi berbahaya; tanpa motivasi, kapasitas menjadi tak berdaya; tanpa kapasitas, pemahaman menjadi terbatas; tanpa pemahaman, pengetahuan tak ada artinya; tanpa pengetahuan, pengalaman menjadi buta. Ungkapan tersebut menjadi pegangan yang bisa dijadikan konsep agar kita bisa memahami integritas dengan lebih baik.

6

                Untuk lebih memahami konsep mengenai integritas, coba kita simak pengertian integritas menurut para ahli dan beberapa sumber berikut ini. Paparan ahli menjadi bahan pembelajaran yang terpercaya.

  • Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), integritas adalah mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran.
  • Menurut Ippho Santoso, integritas akan melahirkan reputasi dan reputasi akan melahirkan kepercayaan. Integritas sering diartikan sebagai satunya pikiran, perkataan, dan perbuatan. Jika merujuk pada asal katanya, integritas mempunyai makna berbicara dengan utuh dan sepenuh-penuhnya.
  • Menurut henry Cloud, ketika berbicara tentang integritas, kita berbicara tentang menjadi orang yang utuh, terpadu, dan seluruh bagian diri kita yang berlainan bekerja dengan baik dan berfungsi sesuai rancangan. Ini mengenai keutuhan dan keefektifan sebagai orang.
  • Menurut Andreas Harefa, integritas menjadi tiga kunci yang dapat diamati, yakni menunjukkan kejujuran, memenuhi komitmen, dan berperilaku secara konsisten.

Berdasarkan pengertian-pengertian ahli di atas, integritas bisa dimaknai bahwasanya integritas adalah soal tentang kualitas diri positif yang dimiliki seseorang, yaitu berkata dan bersikap jujur,dapat dipercaya dan tidak pernah ingkar janji.

                Integritas biasanya dikaitkan dengan istilah nasional. Apa makna integritas nasional? integritas nasional mempunyai dua pengertian dasar,yakni integritas dan nasional. integritas berasal dari kata Latin yakni integrate yang berarti memberi tempat dalam suatu keseluruhan. Integritas nasional bangsa Indonesia adalah hasrat dan kesadaran untuk bersatu sebagai satu bangsa yakni bangsa Indonesia. Hasrat dan kesadaraan untuk bersatu sebagai satu kesatuan bangsa itu resminya direalisasikan dalam satu kesepakatan atau konsensus nasional melalui sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Pengertian integritas menurut para ahli bisa dijadikan dasar untuk kita agar semakin memahami integritas nasional. Kedua hal tersebut saling berhubungan karena terbentuk dari asal kata yang sama.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian antropologi , pengertian tauhid , pengertian strategi , pengertian ekologi , pengertian wakaf , pengertian warga negara , pengertian integritas , pengertian berita , pengertian kredit , pengertian agama islam , pengertian server

 

Related Posts