Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah strategi berasal dari bahasa Yunani “strategia” yang awalnya bermakna seni seorang panglima yang biasanya digunakan dalam peperangan. Diartikan sedemikian rupa karena kata strategi memang lazim digunakan untuk istilah peperangan. Dalam abad modern ini, penggunaan istilah strategi tidak lagi terbatas pada konsep atau seni seorang panglima dalam peperangan, tetapi sudah digunakan secara luas dan dalam semua bidang ilmu. Secara umum, strategi diartikan sebagai cara untuk mendapatkan kemenangan atau pencapaian tujuan. Lalu, bagaimana dengan pengertian strategi menurut para ahli? Kita akan bahas secara mendalam mengenai hal tersebut.

                Semakin berkembangnya ilmu-ilmu di dunia ini, pengertian strategi semakin berkembang dan bermacam-macam. Berikut ini paparan beberapa pengertian strategi menurut para ahli yang dikemukakan di berbagai sumber tertulis.

2

  • Menurut Karl Von Clausewitz, strategi adalah pengetahuan tentang penggunaan pertempuran untuk memenangkan peperangan. Sedangkan perang itu sendiri merupakan kelanjutan dari politik.
  • Menurut Stephanie K. Marrus, strategi adalah suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tjuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.
  • Menurut A. Halim, strategi adalah suatu cara dimana organisasi/lembaga akan mencapai tujuannya, sesuai dengan peluang-peluang dan ancaman-ancaman lingkungan eksternal yang dihadapi, serta sumber daya dan kemampuan internal.
  • Menurut Rangkuti, strategi adalah suatu alat untuk mencapai tujuan. Tujuan utamanya adalah supaya perusahaan dapat melihat secara objektif kondisi-kondisi internal dan eksternal. Sehingga perusahaan dapat mengantisipasi perubahan lingkungan eksternal.
  • Menurut Kaplan & Norton, strategi adalah seperangkat hipotesis dalam model hubungan cause dan effect, yaitu suatu hubungan yang dapat diekspresikan melalui kaitan antara pernyataan if-then.
  • Menurut Morrisey, strategi adalah proses untuk menentukan arah yang harus dituju oleh perusahaan agar misinya tercapai dan sebagai daya dorong yang akan membantu perusahaan dalam menentukan produk, jasa, dan pasarnya di masa depan.
  • Menurut Hamel & Prahalad, strategi adalah tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus – menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan.
  • Menurut Pearce dan robinson, strategi adalah rencana main suatu perusahaan. Strategi mencerminkan kesadaran perusahaan mengenai bagaimana, kapan, dan di mana ia harus bersaing menghadapi lawan dan dengan maksud dan tujuan untuk apa.
  • Menurut Sjahfrizal, strategi adalah cara untuk mencapai tujuan berdasarkan analisa terhadap faktor internal dan eksternal.
  • Menurut Webster’s Third New International Dictionary, strategi adalah ilmu dan seni tentang penggunaan kekuatan-kekuatan politik, ekonomi, psikologi, dan militer satu bangsa atau kelompok bangsa-bangsa yang memungkinkan dukungan maksimal kepada kebijakan yang telah ditetapkan, baik saat damai maupun saat perang.

                Berdasarkan beberapa pengertian strategi menurut para ahli di atas, dapat ditarik kesimpulan sederhana mengenai strategi. Secara singkat strategi bisa diartikan sebagai cara untuk mencapai suatu tujuan, kemenangan, atau menyelesaikan suatu permasalahan. Pengertian strategi bisa beragam tergantung pada bidang apa kita memaparkannya. Hal ini karena istilah strategi telah lazim digunakan dalam berbagai bidang ilmu.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian antropologi , pengertian tauhid , pengertian strategi , pengertian ekologi , pengertian wakaf , pengertian warga negara , pengertian integritas , pengertian berita , pengertian kredit , pengertian agama islam , pengertian server

 

Related Posts