Fungsi Karbohidrat Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Karbohidrat,  anda  jelas tidak asing dengan kata tersebut bukan? Karbohidrat dikatakan kebutuhan primer manusia untuk mendapatkan energy. Mengapa demikian? Karena energy di dapatkan manusia dari asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Asupan makanan ini mengandung zat – zat yang sangat diperlukan oleh tubuh agar kita sebagai manusia dapat menjalankan aktifitas sehari – harinya dengan tubuh yang sehat dan kuat. Protein, mineral, zat besi, vitamin, karbohidrat, dan masih banyak zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh kita setiap harinya. Karbohidrat merupakan kebutuhan primer yang diperlukan oleh tubuh. Pada kesempatan ini penulis akan menjabarkan tentang kebutuhan akan karbohidrat sebagai kebutuhan primer yang diperlukan dalam tubuh. Artikel ini dibuat dengan judul fungsi karbohidrat menurut para ahli.

Sebelum membahas fungsi karbohidrat menurut para ahli, ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu apa arti dari karbohidrat. Apakah pembaca dapat menjabarkannya? dalam ilmu pengetahuan alam, karbohidrat diartikan sebagai senyawa organic yang terdiri dari 3 unsur pembentuk, unsure pembentuk ini adalah ; C, O, dan H. Hal ini menyebabkan karbohidrat diidentikan dengan gula. Dalam tumbuhan, karbohidrat dibentuk melalui proses fotosintesis dengan menggunakan bantuan sinar matahari, sedangkan bagi manusia dan hewan karbohidrat terbentuk dari reaksi antara asam amino dan gliserol lemak. Makanan yang mengandung karbohidrat salah satunya adalah makanan pokok kita sebagai warga negara Indonesia. Nasi, kandungan karbohidrat dalam nasi dikatakan cukup tinggi, selain nasi kandungan karbohidrat dapat ditemukan di jagung, roti, kentang, kacang-kacangan, dan masih banyak makanan lain yang mengandung sumber karbohidrat. Bagaimana? Sudah jelaskah anda tentang pengertian karbohidrat?

8

Setelah membahas pengertian, penulis akan menjabarkan tentang fungsi karbohidrat menurut para ahli. karbohidrat memiliki banyak fungsi dalam tubuh, tidak hanya memberikan rasa kenyang dalam perut kita. Fungsi karbohidrat diantaranya adalah ;

  1. karbohidrat berfungsi sebagai penyedia sumber energy utama untuk tubuh, yang fungsinya tidak dapat digantikan dengan zat lain
  2. karbohidrat berperan dalam pembentukan vitamin B kompleks dalam tubuh
  3. karbohidrat berperan dalam penurunan sifat manusia. dalam hal ini karbohidrat berkaitan dengan asam nukleat (DNA, RNA)
  4. karbohidrat berperan dalam pembentukan senyawa kimia lain, misalnya lemak dan protein.
  5. Di dalam tubuh karbohidrat berfungsi sebagai materi simpanan atau cadangan, yang akan dihidrolisis dan menghasilkan gula. Gula yang dihasilkan digunakan untuk tubuh sebagai sumber energy cadangan saat diperluakan.

Kebutuhan karbohidrat dalam tubuh dibilang sangat dibutuhkan. Tetapi konsumsi karbohidrat dalam tubuh harus sesuai dengan kadar yang semestinya, tidak terlau banyak dan tidak terlalu sedikit. Karena ketika tubuh terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat akan terjadi obesitas yang bisa berujung pada kematian. Kekurangan karbohidrat juga dapat membuat tubuh merasa lemas, karena hampir 80% energy dalam tubuh dihasilkan dari konsumsi karbohidrat setiap harinya. Selesai pembahasan kali ini dengan judul fungsi karbohidrat menurut para ahli, apakah pembaca semakin mengerti atau malah semakin acuh untuk memperhatikan pola makan setiap harunya? Semoga tidak  semakin acuh ya. Karena sehat berasal dari kita bukan orang lain. Lebih baik mencegah daripada harus mengobati.

Related Posts