Pengertian fungsi IF dalam Excel

 Pengetahuan

Menghitung tidak hanya menggunakan kalkulator, cara yang lebih mudah adalah dengan menggunakan Microsoft excel. Apa pembaca pernah menggunakan Microsoft excel untuk menghitung? Atau mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan Microsoft excel? Membahas Microsoft excel berarti kita membahas fungsi. Bagi anda yang sering menggunakan Microsoft excel jelas sudah tidak asing dengan fungsi yang ada dalam Microsoft excel.  Lalu mengapa Microsoft excel selalu dikaitkan dengan kata fungsi? Karena Microsoft excel selalu berkaitan dengan fungsi , fungsi dalam Microsoft excel digunakan untuk mempermudah penggunannya dalam menghitung atau mendapatkan nilai angka yang dibutuhkan. Terdapat banyak rumus dalam Microsoft excel, tetapi dalam pembahasan kali ini penulis akan menjelaskan tentang pengertian fungsi IF dalam microsoft excel.

Mungkin anda para pengguna Microsoft excel tidak sulit lagi mengartikan fungsi IF dalam Microsoft excel. Kita mengartikan IF dengan kata JIKA, jika benar dan jika salah. Pemahaman ini berkaitan dengan aplikasi fungsi IF dalam Microsoft excel. Fungsi IF dalam Microsoft excel berarti fungsi logika, maksudnya fungsi logika adalah dengan memasukan rumus fungsi ini kita dapat menentukan suatu nilai mempunyai syarat dan dapat bernilai benar jika syarat terpenuhi serta bernilai salah jika syarat tidak terpenuhi. Pembaca paham tidak maksudnya? Agar lebih paham dengan artikel pengertian fungsi IF dalam microsoft excel kali ini, penulis mengajak pembaca untuk melanjutkan pembahasan ke alenia berikutnya.

7

Untuk mempermudah pembaca dalam memahami rumus fungsi IF dalam Microsoft excel, penulis akan memberikan ilustrasi untuk mempermudah pembaca mengartikan fungsi IF dalam Microsoft excel. Ilustrasinya adalah : Seorang guru yang ingin menetukan siswanya naik kelas atau tidak jelas mempunyai standarisasi nilai yang harus dipenuhi setiap siswanya. Dengan memasukan rumus fungsi IF seorang guru tersebut tidak perlu repot menghitung menggunakan kalkulator secara satu persatu lalu diteliti mana yang lulus dan mana yang tidak, cukup memasukan nilai para muridnya dalam Microsoft excel, kemudian memasukan rumus logikanya, pekerjaannya dipastikan akan selesai. Misalnya : dengan syarat nilai 8 ke atas dinyatakan lulus, dan nilai di bawah 7 tidak lulus. Rumus yang dapat dimasukan adalah sebagai berikut : IF (D1>7,9;”LULUS;”TIDAK LULUS”). Maksud D1 disini adalah kolom data nilai dari murid (disesuaikan dengan kolomnya), diberikan nilai 7,9 karena nilai 8 dinyatakan sebagai standar kelulusan. Bagaimana mudah bukan apabila kita mengerti dan menguasai pengertian fungsi IF dalam microsoft excel. Jadi tidak perlu menggunakan kalkulator dan menghitung secara satu-persatu. Cukup dengan memasukan angka kemudian memasukan rumus fungsinya.

Dalam memahami pengertian fungsi IF dalam microsoft excel anda dapat memulai mengerjakan pekerjaan yang sekiranya pas apabila diaplikasikan dengan menggunakan rumus fungsi IF. Bagaimana pembaca menarik bukan artikel kali ini? Tidak ada yang sulit jika kita mau belajar. Semoga artikel pengertian fungsi IF dalam microsoft excel kali ini memberikan manfaat bagi para pembaca dan menambah wawasan serta keinginan untuk terus belajar, membaca dan mencari hal – hal baru yang dapat mempermudah kehidupannya sehari – hari.

Related Posts