Pengertian ROM Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar istilah ROM? Apakah Anda langsung teringat dengan RAM? Apa kaitan kedua hal tersebut? RAM dan ROM adalah dua istilah yang sama-sama dipakai dalam ilmu teknologi dan komputerisasi. Meski berada pada bidang ilmu yang sama, namun keduanya memiliki makna dan hakikat yang berbeda. Begitu pula dengan pengertian ROM menurut para ahli adalah jelas berbeda dengan pengertian RAM. Dimana letak persamaan dan perbedaan kedua hal tersebut? Semua pertanyaan tersebut akan dijabarkan dalam ulasan dan pembahasan di bawah ini.

ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory. ROM adalah sebuah ruang atau memory yang memiliki fungsi menyimpan berbagai macam program yang ada di dalam komputer, seperti musik, film, gambar, dan file-file lainnya. Sedangkan RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang memiliki definisi sebagai sebuah ruang atau memory yang berfungsi untuk tempat penyimpanan sementara program komputer yang masih berjalan. Dari kedua pengertian tersebut sudah bisa diketahui perbedaan dari ROM dan RAM. Meski sama-sama berupa memory, namun keduanya memiliki fungsi dan peran yang berbeda dalam sebuah perangkat komputer. Jika ROM adalah temoat menyimpannya, RAM adalah tempat untuk menjalankan aktivitas di dalamnya.

6

Berkenaan dengan pengertian ROM menurut para ahli, hal yang cukup banyak dikenal mengenai ROM adalah CD ROM. Apa itu CD ROM? CD ROM merupakan singkatan dari Compact Disc Read Only Memory, yakni sebuah piringan kompak berjenis piringan optik yang mampu menyimpan data. Biasanya ukuran yang mampu disimpan dalam CD ROM mencapai 700 Megabyte (MB). CD ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca CD saja. Ada dua jenis CD ROM, yakni ATA/IDE dan SCSI. Jenis ATA memiliki kecepatan 100 – 133 Mbps, sedangkan jenis SCSI berkecepatan 150 Mbps. Kedua jenis CD ROM tersebut jelas memiliki klasifikasi yang berbeda dengan keuntungan dan kerugian yang berbeda-beda pula. Bagi Anda yang ingin menggunakannya, disarankan gunakan CD ROM yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi, Anda haruslah cermat dalam memilihnya.

Kembali mengenai perbedaan RAM dan ROM. Selain perbedaan yang telah dijelaskan di atas, RAM dan ROM memiliki hal-hal lain yang membuat keduanya saling berbeda namun tetap berkaitan. Perbedaa-perbedaan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. ROM: pengisian data tidak dapat sewaktu-waktu dan memerlukan proses khusus yang tidak mudah.

RAM: pengisian datanya bisa sewaktu-waktu dan lcara penulisannya lebih mudah.

  1. ROM: informasi, data, atau program yang ada di dalam Rom bersifat permanen, tidak mudah hilang, dan tidak mudah berubah walau komputer dalam keadaan off.

RAM: semua isi (data, program, atau informasi) akan hilang dengan sendirinya saat komputer dalam keadaan off atau sengaja dimatikan.

  1. ROM: mampu menyimpan data tanpa membutuhkan daya.

RAM: tidak mampu menyimpan data bila tidak mendapatkan daya.

Kesemua perbedaan yang termuat dalam pengertian ROM menurut para ahli tersebut semakin menekankan bahwa RAM dan ROM bukanlah satu komponen dalam komputer. Keduanya sama-sama berupa hardware (perangkat keras) yang menempel pada komputer, namun memiliki kegunaan masing-masing dalam proses pemakaiannya.

Related Posts