Pengertian dan Sejarah Sepak Bola

 Pengetahuan

                Sepak bola merupakan olahraga terpopuler di dunia. Hampir semua negara memiliki tim nasional sepakbola yang bersaing menjadi yang terbaik. Pengertian dan sejarah sepak bola menjadi hal menarik yang dipelajari oleh banyak orang. Tak hanya laki-laki, banyak wanita pun menggemari olahraga sepak ini. Selain karena permainannya yang seru, para pemain sepak bola pun menjadi sorotan yang terus diperbincangkan setiap hari. Sepak bola diartikan sebagai suatu permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola untuk diperebutkan di antara pemain-pemain. Sepakbola juga merupakan cabang olahraga yang menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan sebelas orang pemain tim dan sebagian pemain cadangan.

                Tujuan permainan sepak bola adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola dari lawan. Secara umum aturan dalam permainan ini cukup sederhana, pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota tubuh kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang atau kipper yang diperbolehkan menggunakan tangan di daerah gawang. Sepak bola dimainkan dalam dua babak, tiap babak memerlukan waktu 45 menit dengan jeda antar babak sekitar 10 menit. Permainan popular ini dimainkan di dalam lapangan persegi panjang berumput, baik berupa rumput asli maupun rumput sintetis.

10

                Dalam pengertian dan sejarah sepak bola, asal muasal sepak bola menjadi penting untuk dibahas. Sepak bola muncul sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Cina. Pada zaman Cina kuno semasa pemerintahan Dinasti Han tersebut istilah sepak bola dikenal dengan tanchu. Di Italia pada zaman Romawi dikenal sebagai hospartun, di Prancis yang selanjutnya menyebar ke Normandia dan Britania (Inggris), dikenal dengan choule. Di Yunani Kuno dikenal istilah epishyros dan di Jepang dikenal istilah Kemari. Selanjutnya sepak bola modern mulai berkembang di inggris dan menjadi sangat digemari. Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut.

                Pada tanggal 26 Oktober1863 didirikan sebuah badan yang disebut “English Football Assosiation“.Kemudian tanggal 8 Desember 1863 lahirlah peraturan permainan sepak bola modern yang disusun oleh badan tersebut yang dalam perkembangannya mengalami perubahan. Atas inisiatif Guerin (Prancis) pada tanggal 21 Mei 1904 berdirilah federasi sepak bola Internasional dengan nama “Federation International de Football Assosiation” (FIFA). Atas inisiatif Julies Rimet pada tahun 1930 diselenggarakan kejuaraan dunia sepak bola pertama di Motevideo, Urugay Kejuaraan sepak bola dunia diadakan 4 tahun sekali. Di Indonesia sendiri, pada tanggal 19 April 1930 dibentuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta dengan dukungan seluruh bond-bond. Pengurus PSSI pertama kali diketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo.

                Ulasan mengenai pengertian dan sejarah sepak bola di atas bisa menjadi bahan pembelajaran baru bagi Anda yang tengah menggandrungi olahraga yang satu ini. Permainan yang menarik dan popular membuat olahraga sepak bola semakin berkembang dan menjadi cabang olahraga nomor satu di dunia.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian sepak bola , pengertian ilmu ekonomi , pengertian ilmu , pengertian populasi , pengertian akhlak , pengertian sel , pengertian analisis , pengertian bangsa , pengertian produksi , pengertian intranet , pengertian moral

 

Related Posts