Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli Adalah

 Pengetahuan

Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli Adalah – Dalam keseharian, kita membutuhkan banyak barang atau pun jasa dari orang lain. Ketika anda membeli sesuatu secara terus menerus pada orang yang sama, atau menggunakan jasa sebuah lembaga tertentu secara berkelanjutan berarti anda dapat dinamakan pelanggan. Tahukah anda perbedaan konsumen dengan pelanggan? Meskipun kata ini memiliki makna yang hampir sama, tapi tetap berbeda lho. Pelanggan adalah seseorang yang membeli atau menggunakan jasa dari  sebuah lembaga atau perorangan secara terus-menerus. Tapi pelanggan ini belum tentu memakai barang tersebut untuk kebutuhannya. Ia bisa menjual kembali barang tersebut kepada orang lain atau yang biasa kita sebut konsumen. Nah, sekarang tahu kan perbedaan pelanggan dan konsumen? Agar semakin paham, langsung saja kita cermati Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli.

1

Jika anda ingin tahu lebih jauh tentang pelanggan, mudah saja kok sebenarnya. Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk berjalan-jalan ke pusat perbelajaan, akan lebih baik jika tempat yang anda pilih adalah pasar tradisional karena nantinya anda akan belajar dan mendapatkan pengetahuan tentang ilmu ekonomi yang real pada masyarakat kita. Disana pasti anda akan menjumpai transaksi penjual dan pembeli. Mulai telitilah apakah pembeli tersebut pelanggan atau konsumen? Pelanggan biasanya tidak akan menawar lagi. Kalaupun menawar, mereka tidak akan terlalu mengotot atau keras kepala. Itu karena mereka sudah tahu umumnya harga yang ada dipasaran. Pelanggan pun membeli barang dengan jumlah yang banyak, berbeda dengan konsumen yang membeli satu atau dua barang saja, itu pun dengan penawaran yang panjang dan lama. Namun, bertemu pelanggan atau pun konsumen, penjual akan tetap  ramah dan melayani dengan baik karena mereka tidak akan dirugikan. Jika kedatangan pelanggan, maka penjual tersebut akan memasang harga barang dengan keuntungan yang sedikit, tapi berbeda jika yang datang adalah konsumen. Penjual  akan langsung menaikkan harga barang bahkan bisa sampai dua kali lipat lho. Itulah kenapa jika menjadi konsumen, wajib hukumnya bagi kita untuk menawar ya. Nah, setelah kita lebih tahu tentang pelanggan. Sebaiknya kita pahami juga Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli ini :

  1. Lupiyoadi

Pelanggan merupakan seseorang yang secara berulang-ulang datang ke tempat yang sama ketika menginginkan untuk membeli suatu barang atau memperoleh jasa karena merasa puas dengan barang maupun jasa tersebut.

  1. Cambridge Internasional Dictionaries

Pelanggan ialah orang yang membeli barang atau menggunakan jasa.

  1. Wikipedia

Pelanggan  adalah seseorang yang terbiasa membeli barang atau jasa di sebuah tempat. Kebutuhan pelanggan adalah barang atau jasa yang ingin didapatkan atas tujuan tertentu. Kebutuhan pelanggan ini juga sering disebut dengan harapan pelanggan.

Setelah kita tahu Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli, kita juga perlu menetahui jenis-jenis pelanggan. Pelanggan dibagi menjadi dua, yaitu :

  1. Pelanggan Internal

Yaitu pelanggan yang masih mempunyai tahap selanjutnya setelah mendapatkan barang dari pihak penjual. Pelnggan akan bekerja untuk menawarkan barang tersebut kepada orang lain.

  1. Pelanggan Eksternal

Merupakan seseorang yang berada di luar pemasaran dan hanya menerima produk atau barang tersebut untuk digunakan sendiri. Pelanggan ini juga merangkap sebagai konsumen, perbedaannya ialah ia membeli barang secara berkelanjutan pada penjual atau tempat yang sama.

Related Posts