Pengertian Gambar Menurut Para Ahli Adalah

 Pengetahuan

Pengertian Gambar Menurut Para Ahli Adalah – Di banyak tempat yang pernah kita kunjungi, kita pasti sering menemukan gambar. Gambar merupakan wujud dari karya seni. Dengan gambar yang kita buat, orang pun dapat menangkap pesan yang ingin kita sampaikan. Dengan kata lain, gambar itu dapat digunakan sebagai pengganti kata-kata.  Dari banyak gambar yang sudah sangat sering kita temui dan akhirnya menjadi bagian yang tak pernah lepas dari hidup. Kita tentunya sudah tahu apa itu gambar. Namun, tak ada salahnya kita pun memahami Pengertian Gambar Menurut Para Ahli ini.

22

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia gambar adalah tiruan barang yang meliputi orang, tumbuhan, binatang , alam, dan sebagainya yang dapat dibuat dengan coretan pensil ataupun alat lain dengan media kertas dan sebagainya. Dari sini kita tahu bahwa pengertian gambar itu sangat luas. Bukan hanya dari objek gambar itu saja yang beragam, tapi alat menggambar pun bermacam-macam. Tidak hanya dengan pensil, kita bisa menggambar dengan kuas. Semakin canggih dunia ini, kita pun dapat memanfaatkan mesin untuk mencetak gambar. Selain kertas kita juga dapat memakai media lainnya, seperti bambu, kayu, keramik, kanvas, dinding dan masih banyak lagi. Inilah beberapa Pengertian Gambar Menurut Para Ahli :

  1. Katherine Klipper Merseth

Gambar memiliki nilai lebih dari seribu kata-kata. Menurut Katherine, gambar juga dapat mewakili kata-kata yang ingin kita sampaikan, bahkan gambar dapat menjadi sangat ampuh dalam menyampaikan pesan melebihi kata-kata jika digunakan dengan cerdik. Buktinya saja di sepanjang jalan kita lebih sering menemukan gambar-gambar dengan kata yang sedikit. Pemasang gambar pasti sudah tahu para pengguna jalan tidak punya waktu untuk membaca kata-kata yang panjang.

  1. Tamiya Onodera

Gambar merupakan replika dari alam. Banyak kita jumpai gambar-gambar yang sama persis dengan suatu daerah atau mencontoh suatu tempat di belahan dunia ini. Misalnya : gambar pegununga, danau, pedesaan, dsb.

  1. Sudjono

Gambar merupakan karya yang berasal dari jiwa dan bukan menjiplak milik orang lain. Pendapat Sudjono ini mendefinisikan gambar sama seperti lukisan. Lukisan yang dibuata antara seniman satu dengan lainnya pastilah berbeda meskipun mereka melakukan pengamatan pada objek yang sama, dengan alat dan media yang sama sekalipun. Jadi, sebenarnya tindakan plagiat merupakan hal yang disengaja dan bukan tanpa sadar.

  1. P.Hodges

Gambar bukan hanya tentang secara fisik. Pendapat Hodges ini rupanya juga banyak dianut oleh seniman, sekarang banyak ditemui lukisan abstrak.

  1. James B. Pawley

Gambar merupakan suatu yang dapat dilihat serta terdiri atas ruang dan memiliki beberapa fitur. Gambar menurut Pawley adalah yang menekankan detail dari sebuah objek.

  1. J. Mitchel

Gambar merupakan suatu yang dapat menggambarkan kepribadian orang yang membuatnya. Mitchel ini meyakini bahwa sebuah gambar juga dapat memperkenalkan karakteristik pembuatnya.

  1. Ned Block

Gambar ialah sesuatu yang dapat mewakilkan suatu objek nyatanya serta memiliki karakter warna maupun bentuk yang sesuai dengan aslinya.

Itulah beberapa Pengertian Gambar Menurut Para Ahli. Ada juga yang mengartikan sebuah gambar sama dengan lukisan. Lalu apa sih pengertian gambar menurut anda?

Related Posts