Pengertian Kultur Jaringan Menurut Para Ahli Adalah

 Pengetahuan

Pengertian Kultur Jaringan Menurut Para Ahli Adalah – Tahukah anda tentang istilah kultur jaringan? Kata ini berkaitan dengan ilmu pertanian. Dalam pelajaran biologi di sekolah, anda pasti juga pernah mendengar istilah ini bukan? Kultur jaringan merupakan bagian dari bioteknologi yang biasanya digunakan petani modern agar hasil panennya berlimpah. Penasaran tentang kultur jaringan? Yuk simak saja, Pengertian Kultur Jaringan Menurut Para Ahli.

F.C. Steword merupakan ilmuwan yang berjasa menemukan teknologi kultur jaringan ini. Lalu kultur jaringan semakin dikembangkan, salah satunya berupa usaha menambahkan zat pengatur tumbuh tanaman (sitokinin dan auksin) pada kultur jaringan. Nah, langsung saja kita cermati Pengertian Kultur Jaringan Menurut Para Ahli adalah sebagai berikut:

3

  1. Suryowinoto

Kultur Jaringan berasal dari kata kultur yang artinya budidaya dan jaringan yan berarti kelompok sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Kultur jaringan adalah usaha dalam membudidayakan jaringan pada tanaman yang memiliki sifat sama seperti induknya. Kultur jaringan merupakan teknologi memperbanyak tanaman secara vegetatif dengan cara mengisolasi bagian dari tanaman, seperti : tunas dan daun, serta menumbukannya ke dalam media buatan yang steril dengan menambahkan nutrisi dan zat pengatur tumbuh.

  1. Street

Kultur jaringan adalah budidaya aseptik dari sel, organ, dan bagian dari tumbuhan dengan komposisi kimia dan lingkungan yang telah diatur.

  1. Thorpe

Kultur jaringan merupakan metode dalam mengisolasi sebuah tanama yang meliputi protoplasma, sel, dan organ pada tumbuhan yang dapat dikulturkan lalu memindahkannnya pada media yang telah diatur dan steril sehingga memungkinkan tumbuhan untuk tumbuh dan memperbanyak diri.

Adapun tahap-tahap penanaman dengan teknologi kultur jaringan ini adalah :

  1. Pemilihan tanaman induk

Ketika anda ingin mengembangkan tanaman menjadi banyak melalui teknik kultur jaringan, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih tanaman induk yang benar-benar sesuai. Pastkian tanaman yang anda gunakan sehat dan terbebas dari hama. Jenis, spesies dan varietas tanaman tersebut juga harus jelas karena nantinya sifat induk akan menurun pada tanaman-tanaman kecil tersebut.

  1. Inisiasi

Inisiasi merupakan proses penanaman bagian-bagian tumbuhan yang akan dibudiayakan. Proses ini harus dilakukan secara steril hingga sampai ke media tanamnya.

  1. Multiplikasi

Merupakan proses dalam memperbanyak jaringan pokok. Pemberian zat pengatur tumbuh berada pada tahap ini. Hal itu dilakukan untuk memicu pertumbuhan tanaman.

  1. Pengakaran

Pada tahap pengakaran akan diberikan hormon agar memicu pembentukan akar untuk tumbuh secara sempurna. Setelah melewati serangkain tahap itu, maka tanaman dapat dipindahkan pada green house.

Nah, sekarang anda jadi lebih tahu kan tentang perkembangbiakan tumbuhan dalam jumlah yang banyak dengan menggunakan teknik kultur jaringan ini. Dari Pengertian Kultur Jaringan Menurut Para Ahli dan tahapan menanam tumbuhan dengan metode kultur jaringan yang telah kita bahas, semoga dapat bermanfaat ya. Setidaknya, jangan biarkan lahan kosong di sekitar rumah anda terbengkalai. Segera ambil perlengkapan kebun anda dan menyukai hobi menanam. Jaga kesehatan paru-paru keluarga anda dengan memberikan ruang kehidupan pula bagi tanaman. Satu pohon yang kita tanam akan menyelamatkan dunia.

 

Related Posts